Kompas.com - 10/05/2021, 08:02 WIB
Spesies baru tumbuhan unik, spesies baru kantong semar, Nepenthes putaiguneung ditemukan oleh Dee Dee Al Farishy. Spesies tanaman karnivora endemik Pulau Sumatera. Dee Dee Al Farishy/DOC PPKTKR LIPISpesies baru tumbuhan unik, spesies baru kantong semar, Nepenthes putaiguneung ditemukan oleh Dee Dee Al Farishy. Spesies tanaman karnivora endemik Pulau Sumatera.


KOMPAS.com- Selama pandemi Covid-19 berlangsung di tahun 2020, para peneliti berhasil mengidentifikasi delapan spesies baru tumbuhan, salah satunya adalah tanaman karnivora, Nepenthes putaiguneung.

Bersama dengan Bulbophyllum acehense, Dendrobium rubrostriatum, dan Dendrobium sagin, Nepenthes putaiguneung adalah 4 dari 8 spesies tumbuhan baru Indonesia yang ditemukan peneliti LIPI bekerjasama dengan berbagai pihak.

Penelitian panjang Nepenthes putaiguneung

Penemu sekaligus peneliti N. putaiguneung adalah Dr Destario Mestusala yaitu seorang Peneliti di Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya (PPKTKR) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca juga: 8 Spesies Baru Tumbuhan Unik Ditemukan di Hutan Indonesia Selama Pandemi

 

Destario menyebutkan, Indonesia merupakan salah satu gudang pusat keanekaragaman spesies tumbuhan Nepenthes di dunia. Di mana spesies baru tanaman karnivora ini merupakan endemik Pulau Sumatera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terdapat sekitar 75 spesies tumbuhan Nepenthes dari seluruh kepulauan Nusantara yang sebagian besar berada di kawasan Pulau Sumatera.

Penelitian spesies tumbuhan Nepenthes putaiguneung dilakukan berkolaborasi dengan peneliti dari Inggris dan diterbitkan di jurnal internasional Phytotaxa.

Penelitian Nepenthes baru ini merupakan kolaborasi dengan Dee Dee Al Farishy yang saat itu sebagai mahasiswa biologi Universitas Indonesia dengan Destario sebagai salah satu pembimbingnya. 

Penelitian spesies baru tanaman karnivora, Nepenthes putaiguneung ini berlangsung selama 6 tahun, yakni sejak tahun 2014 untuk memastikan perbandingan data morfologi dilakukan secara cermat dan akurat.

Baca juga: Langka, Spesies Baru Ular Warna-warni Ditemukan di Vietnam, Apa Keunikannya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X