Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nepenthes Putaiguneung Spesies Baru Tanaman Karnivora Endemik Sumatera

Kompas.com - 10/05/2021, 08:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Selama pandemi Covid-19 berlangsung di tahun 2020, para peneliti berhasil mengidentifikasi delapan spesies baru tumbuhan, salah satunya adalah tanaman karnivora, Nepenthes putaiguneung.

Bersama dengan Bulbophyllum acehense, Dendrobium rubrostriatum, dan Dendrobium sagin, Nepenthes putaiguneung adalah 4 dari 8 spesies tumbuhan baru Indonesia yang ditemukan peneliti LIPI bekerjasama dengan berbagai pihak.

Penelitian panjang Nepenthes putaiguneung

Penemu sekaligus peneliti N. putaiguneung adalah Dr Destario Mestusala yaitu seorang Peneliti di Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya (PPKTKR) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca juga: 8 Spesies Baru Tumbuhan Unik Ditemukan di Hutan Indonesia Selama Pandemi

 

Destario menyebutkan, Indonesia merupakan salah satu gudang pusat keanekaragaman spesies tumbuhan Nepenthes di dunia. Di mana spesies baru tanaman karnivora ini merupakan endemik Pulau Sumatera.

Terdapat sekitar 75 spesies tumbuhan Nepenthes dari seluruh kepulauan Nusantara yang sebagian besar berada di kawasan Pulau Sumatera.

Penelitian spesies tumbuhan Nepenthes putaiguneung dilakukan berkolaborasi dengan peneliti dari Inggris dan diterbitkan di jurnal internasional Phytotaxa.

Penelitian Nepenthes baru ini merupakan kolaborasi dengan Dee Dee Al Farishy yang saat itu sebagai mahasiswa biologi Universitas Indonesia dengan Destario sebagai salah satu pembimbingnya. 

Penelitian spesies baru tanaman karnivora, Nepenthes putaiguneung ini berlangsung selama 6 tahun, yakni sejak tahun 2014 untuk memastikan perbandingan data morfologi dilakukan secara cermat dan akurat.

Baca juga: Langka, Spesies Baru Ular Warna-warni Ditemukan di Vietnam, Apa Keunikannya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com