Kompas.com - 10/05/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kita sudah terbiasa mencuci tangan berkali-kali dalam sehari untuk menghilangkan kotoran yang ada di tangan. Namun, bagaimana dengan cuci muka?

Di satu sisi, kita ingin membersihkan semua kotoran yang menumpuk di pipi, dagu, dan dahi sepanjang hari. Namun yang dikhawatirkan jika mencuci muka secara berlebihan dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Menurut Debra Jaliman seorang Asisten Profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine New York, secara ideal Anda harus mencuci muka dua kali sehari.

Para ahli sepakat tentang hal ini dan menyarankan untuk cuci muka pada pagi dan malam hari.

Ini dikarenakan bakteri menumpuk di kulit saat kita tidur di malam hari, jadi kita perlu mencucinya di pagi hari.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Cuci Muka dengan Air Dingin atau Air Hangat?

Mona Gohara seorang Profesor Klinis di Bidang Dermatologi di Yale School of Medicine, setuju bahwa mandi pagi itu penting.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak hanya untuk membuat Anda terbangun, tetapi juga untuk memberi kesan prima pada wajah Anda untuk rutinitas perawatan kulit di pagi hari," ungkap Gohara.

Pada malam hari, tentu saja kita ingin membersihkan sisa riasan, minyak, kotoran, dan polutan lingkungan lainnya yang mungkin telah mendarat di wajah selama menjalani aktivitas harian agar pori-pori tidak tersumbat.

Lebih lanjut Gohara mengatakan, jika terpaksa hanya bisa cuci muka satu kali saja, sebaiknya pilih basuh muka di malam hari.

Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (21/5/2020) bagian atas epidermis meregenerasi dirinya sendiri dalam semalam dan kita tidak ingin menghalangi proses pelepasan tersebut dengan menyumbat pori-pori dengan riasan, kotoran, dan minyak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X