Kompas.com - 09/05/2021, 13:07 WIB
Oregano UnsplashOregano

KOMPAS.comOregano adalah tanaman herbal aromatik yang banyak digunakan dalam masakan khas Italia. Salah satu masakan yang pasti Anda tahu dan menggunakan oregano adalah spaghetti bolognese.

Tidak hanya wanginya yang harum dan khas, oregano ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan berbagai zat yang sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan.

Oregano memiliki nama latin Origanum vulgare. Tanaman aromatik satu ini ternyata satu famili dengan tanaman mint.

Saat ini oregano banyak digunakan dalam masakan saja. Tapi ternyata, oregano sudah populer sejak jaman Yunani dan digunakan sebagai obat.Oregano sendiri berasal dari bahasa Yunani oros yang berarti gunung dan ganos yang berarti kebahagiaan.

Baca juga: 5 Resep Obat Herbal dari Daun Pegagan, Atasi Batuk hingga Darah Tinggi

Oregano bisa digunakan dalam beberapa cara. Pertama digunakan segar ata dikeringkan untuk dimasukkan ke dalam makanan. Selanjutnya dibuat menjadi ekstrak dan minyak atsiri.

Ekstrak oregano karena konsentrasinya tidak terlalu kuat, maka bisa digunakan untuk dicampurkan di makanan atau dioleskan topikal pada permukaan kulit. Lain halnya dengan minyak atsiri, konsentrasinya sangat tinggi dan tidak boleh dikonsumsi langsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Health Line (7/7/2020), berikut adalah manfaat dari oregano bagi kesehatan.

Antibiotik alami

Salah satu zat yang paling banyak terkandung dalam oregano adalah karvakrol. Karvakrol adalah zat yang kaya antioksidan. Sebuah studi yang dipublikasikan melalui NCBI pada tahun 2012 menyebutkan bahwa karvakrol terbukti menghentikan pertumbuhan pada beberapa jenis bakteri.

Baca juga: 7 Pilihan Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dalam Tubuh

Salah satu bakteri yang efektif dibasmi oleh oregano adalah Staphylococcus aureus. Ini merupakan bakteri yang umum menyebabkan keracunan makanan dan infeksi kulit.

Menurunkan kolesterol

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi oregano selama tiga bulan memiliki kolesterol LDL yang lebih rendah daripada orang yang hanya menjaga makanan dan gaya hidup. Zat yang bertanggung jawab menurunkan kadar kolesterol ini adalah kalvakrol dan timol.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X