Kompas.com - 08/05/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi buah pepaya SHUTTERSTOCKIlustrasi buah pepaya
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pepaya merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat memecah rantai protein keras yang terdapat pada daging otot.

Oleh sebab itu, selama ribuan tahun, pepaya telah digunakan untuk melunakkan daging dan membuatnya lebih lembut.

Dilansir dari Healthline, 4 Desember 2018 satu buah pepaya kecil memiliki kandungan 59 kalori, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1 gram protein, vitamin C, vitamin A, folat, kalium, dan kalsium.

Dengan beragamnya nutrisi yang terdapat dalam pepaya, tak mengherankan jika buah ini memiliki manfaat kesehatan yang melimpah.

Baca juga: 5 Resep Obat Herbal dari Daun Pegagan, Atasi Batuk hingga Darah Tinggi

Sebenarnya, tidak hanya buah pepaya yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Dalam pengobatan tradisional, daun pepaya dan akar pepaya juga memiliki khasiat mengatasi penyakit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, daun pepaya dan akar pepaya yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya dapat digunakan untuk mengatasi cacingan, demam, dan sebagainya.

Pengobatan tradisional dengan menggunakan daun dan akar pepaya ini bisa dijadikan alternatif.

Dilansir dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, berikut adalah 5 resep obat tradisional dari pepaya untuk mengatasi demam hingga malaria.

1. Obat cacing

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X