Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus Kecil Seukuran Ayam Ini Punya Penglihatan Sangat Tajam

Kompas.com - 08/05/2021, 12:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Shuvuuia adalah spesies dinosaurus kecil seukuran ayam yang tinggal di gurun. Ilmuwan mengungkapkan dinosaurus ini punya penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam.

Studi baru ini dipimpin oleh Profesor Jonah Choiniere dari University of the Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan.

Choiniere menggunakan CT scan dan pengukuran terperinci untuk mengumpulkan informasi tentang ukuran dari hampir 100 spesies burung dan dinosaurus yang telah punah.

Saat ini ada sekitar 10.000 spesies burung yang diketahu manusia di bumi. Spesies ini hidup di hampir setiap habitat yang bisa dibayangkan, namun hanya sebagian kecil yang yang beradaptasi untuk berburu mangsa di kegelapan malam.

Dilansir dari Independent, Sabtu (8/5/2021), semua burung modern adalah keturunan langsung dari dinosaurus theropoda, seperti Velociraptors dan Tyrannosaurus rex (T-rex).

Baca juga: Monkeydactyl, Dinosaurus Terbang dari China yang Bisa Panjat Pohon

 

Sejak lama, para ilmuwan bertanya-tanya, apakah kerabat dari pemburu-pemburu tangguh ini ada yang memiliki kemampuan untuk mengintai mangsanya di tengah malam.

Dan ternyata kerabat para dinosaurus karnivora ini adalah spesies berukuran kecil, yakni shuvuuia. Spesies dinosaurus yang dikenal sebagai alvarezsaurus.

Spesies dinosaurus kecil ini memiliki pendengaran dan penglihatan malam yang luar biasa.

Memiliki tulang telinga yang sangat besar, hal ini, menurut ilmuwan menunjukkan bahwa shuvuuia dapat berburu dalam kegelapan total.

Dalam studi tersebut, para tim peneliti ini mengukur pendengaran dinosaurus kecil seukuran ayam tersebut dengan mengukur panjang lagena, organ yang memproses informasi suara yang masuk, dan disebut koklea pada mamalia.

Baca juga: Lebih Ganas dari T-Rex, Dinosaurus Predator Ini Ditemukan di Argentina

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com