Kompas.com - 07/05/2021, 17:44 WIB
Ilustrasi seafood, salah satu makanan yang mengandung purin Pixabay/ShenXinIlustrasi seafood, salah satu makanan yang mengandung purin
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Purin merupakan senyawa organik yang sebenarnya tidak selalu berbahaya. Adanya kandungan purin dalam tubuh adalah kondisi yang normal.

Hanya saja, purin diurai menjadi zat limbah, yakni asam urat yang penumpukannya dapat berbahaya bagi jaringan dan persendian.

Ketika kadar asam urat melebihi jumlah yang dapat diproses tubuh, asam urat akan membentuk kristal di dalam darah.

Inilah yang kemudian mengakibatkan penyakit asam urat, batu ginjal, dan masalah kesehatan lainnya.

Menghindari makanan kaya purin dapat memberikan efek positif bagi penderita penyakit asam urat.

Baca juga: 3 Gejala Asam Urat yang Paling Umum, Apa Saja?

Menurut American Academy of Family Physicians, diet rendah purin dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko komplikasi yang parah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari WebMD, 3 November 2020, berikut adalah 4 makanan kaya purin yang harus dihindari penderita penyakit asam urat.

1. Jeroan

Jeroan bisa jadi sumber nutrisi yang baik dalam konteks kebutuhan lain. Namun, jeroan mengandung purin dalam jumlah yang tinggi.

Bagi siapa pun yang ingin mencegah atau mengurangi kadar asam urat dalam darah, wajib menghindari konsumsi jeroan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X