Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eucalyptus Bantu Redakan Gejala Ringan Pasien Covid-19, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 07/05/2021, 07:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Eucalyptus beberapa bulan yang lalu sempat menghebohkan masyarakat Indonesia karena disebut-sebut bisa membantu penyembuhan pasien Covid-19. Ternyata hasil uji klinis menunjukkan eucalyptus dapat redakan gejalan ringan Covid-19. 

Untuk mengetahui kegunaan dan manfaat Eucalyptus, pada pasien Covid-19 ini, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan pengujian.

Uji klinis eucalyptus ini dilakukan terhadap hewan dan pasien dengan infeksi Covid-19.

Peneliti Utama di Balai Besar Penelitian Veteriner Balitbangtan, Kementerian Pertanian, Dr drh Nlp Indi Dharmayanti MSi mengatakan, hasil uji in vitro dan toksisitas yang diperoleh dalam penelitian mereka cukup menggembirakan.

Menurut Indi, penelitian BBLitvet Balitbangtan yang dilakukan di Laboratorium Biosafety Level 3/BSL-3 dengan memperhatikan biorisk dan biosafety, menunjukkan hasil yang maksimal, bahwa eucalyptus dapat membantu redakan gejala ringan infeksi virus corona penyebab Covid-19. 

Baca juga: Kalung Aromaterapi Eucalyptus Kementan, Mengapa Belum Diuji Klinis?

 

"Secara umum menunjukkan bahwa bahan tunggal maupun formula eucalyptus Balitbangtan yang diuji dapat menurunkan jumlah partikel dan daya hidup virus SARS-CoV-2," kata Indi kepada Kompas.com, Kamis (5/5/2021).

Tidak hanya menurunkan partikel dan daya hidup virus, fromula eucalyptus ini ternyata mampu mengurangi kerusakan sel akibat infeksi SARS-CoV-2 secara in vitro.

Hal ini dikarenakan secara in vitro terjadi peningkatan CT Value uji realtime PCR/rRT-PCR, peningkatan nilai Optical Density uji MTT, dan mencegah munculnya cytophatic effect (CPE) pada kultur sel. 

"Uji toksisitas per-inhalasi pada mencit tidak menunjukkan perubahan klinis, patologi dan histopatologi pada mencit yang diuji," ujar Indi menjelaskan hasil uji klinis eucalyptus terhadap virus penyebab Covid-19. 

Baca juga: Eucalyptus Jadi Antivirus Corona, Benarkah Bisa Bunuh Virus Covid-19?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com