Kompas.com - 06/05/2021, 20:30 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Para ilmuwan mengatakan bahwa black hole atau lubang hitam bisa mencapai ukuran yang sangat besar dengan massa 100 miliar matahari atau lebih.

Penemuan black hole raksasa dapat menjelaskan sifat dari sebagian besar materi gelap misterius yang menyusun empat per lima materi di alam semesta.

Adapun black hole terbesar yang diketahui hingga saat ini adalah TON 168 dengan massa 66 miliar matahari.

TON 168 memiliki massa yang luar biasa besar sehingga para ilmuwan berpikir, apakah ada black hole yang lebih besar? Apakah ada batas untuk ukuran black hole?

Dalam sebuah studi baru, peneliti menjuluki black hole yang memiliki massa 100 miliar matahari dengan sebutan SLAB.

Baca juga: Misteri Luar Angkasa, Apa yang Ada di Dalam Lubang Hitam?

Meski hingga saat ini belum ada catatan yang membuktikan bahwa black hole raksasa tersebut nyata, para ilmuwan yakin bahwa black hole supermasif dengan ukuran hampir sebesar itu memang ada.

“Mengejutkan bahwa hanya sedikit perhatian yang diberikan pada kemungkinan keberadaan black hole yang sangat masif karena pada prinsipnya mereka bisa nyata,” ujar Florian Kühnel, ahli kosmologi teoritis di Universitas Ludwig Maximilian, Munich, dilansir dari Space.com.

Asumsi konvensional mengatakan, black hole supermasif di jantung galaksi terbentuk saat black hole yang lebih kecil bergabung dan menelan materi di sekitarnya.

Namun, penelitian sebelumnya menemukan bahwa anggapan ini kesulitan menjelaskan bagaimana black hole bisa berukuran super masif ketika alam semesta baru berusia beberapa miliar tahun.