Kompas.com - 06/05/2021, 13:48 WIB
gigi bungsu tumbuh miring FREEPIK/JCOMPgigi bungsu tumbuh miring

KOMPAS.comGigi bungsu adalah nama lain dari gigi geraham ketiga. Gigi bungsu tumbuh miring biasanya karena ia tumbuh terakhir pada akhir masa remaja hingga usia 20an. Pada fase ini rahang sudah berhenti tumbuh dan tidak bisa memberikan ruang lebih bagi gigi bungsu.

Gigi bungsu tumbuh miring ini dikenal juga dengan istilah gigi impaksi. Gigi impaksi ini sangat biasa terjadi. Namun, terdapat beberapa faktor resiko yang meningkatkan kemungkinan terjadinya gigi impaksi. Faktor resiko tersebut adalah genetik dan kekurangan perawatan ortodonti.

Gejala gigi tumbuh miring

Biasanya gigi impaksi tidak menimbulkan gejala yang berarti sampai terjadinya radang pada gusi yang menutupi gigi bungsu tumbuh miring tersebut. Kondisi ini disebut operculitis. Kondisi gusi yang meradang ini akan membuat gusi tersebut bengkak dan kemerahan. Gusi di area tersebut akan terasa sakit dan tidak nyaman.

Baca juga: Cabut Gigi Bungsu, Berapa Lama Sampai Sakitnya Hilang dan Sembuh?

Pada kasus tertentu, kondisi ini bisa berlanjut menjadi infeksi yang menyebabkan pasien sukar membuka mulut, pipi terlihat bengkak sebelah, sering merasakan nyeri pada rahang dan sakit kepala, dan bau nafas tidak sedap.

Komplikasi yang mungkin terjadi adalah kista jaringat lunak dbawah jaringan gusi yang radang, gigi berlubang, atau gigi sebelahnya bergeser menjadi tidak beraturan.

Jika gigi bungsu berlubang, jarang ada dokter gigi yang merekomendasikan gigi bungsu untuk ditambal. Gigi paling bungsu akan sulit untuk ditambal. Namun, jika dicabut pun tidak akan mengurangi fungsi pengunyahan, karena fungsi pengunyaha sudah dicapai oleh gigi di depannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari British Association of Oral & Maxillofacial Surgeons, gigi yang tumbuh miring jika tidak segera dicabut akan mendorong dan menyebabkan abrasi pada gigi di depannya. Gigi di depannya bisa sampai berlubang besar.

Perawatan gigi tumbuh miring

Sebelum melakukan perawatan, Anda akan diminta untuk melakukan radiografi panoramik untuk menangkap posisi gigi bungsu tumbuh miring dan jaringan di sekitarnya. Foto radiografi atau rontgen ini penting untuk menentukan rencana perawatan yang akan dilakukan.

Beberapa pertimbangan yang bisa di dapat melalui rontgen panoramik adalah mengetahui jumlah gigi impaksi. Apakah gigi bungsu di tiap sisis rahang mengalami impaksi atau hanya sebagian. Biasanya jika semua gigi bungsu tumbuh miring, akan disarankan untuk operasi pengangkatan gigi impaksi dengan anastesi umum di ruang operasi.

Namun, jika hanya sebagian atau satu gigi dan tanpa kemungkinan komplikasi, maka akan disarankan untuk melakukan operasi minor dengan anestesi lokal dan bisa dilakukan di ruang praktek dokter gigi spesialis bedah mulut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X