Kompas.com - 05/05/2021, 18:18 WIB
Ilustrasi gigi anak tumbuh ADA (American Dental Assosiation)Ilustrasi gigi anak tumbuh

KOMPAS.com - Pertama bayi lahir, bayi belum memiliki gigi yang tumbuh. Namun, tahukah Anda kalau gigi bayi menunjukkan usia bayi serta kualitas asupan nutrisi saat ia di kandungan?

Gigi bayi, atau yang lebih dikenal dengan gisi susu, merupakan gigi yang pertama kali tumbuh sebelum digantikan dengan tumbuhnya gigi dewasa. Mengetahui kapan gigi bayi tumbuh sangat penting karena ini menunjukan salah satu aspek tumbuh kembang bayi.

Gigi pertama kali terbentuk benihnya saat masih di dalam perut ibu pada usia kehamilan 1-5 bulan. Pembentukan benih gigi ini bersamaan dengan perkembangan rahang pada janin. Maka dari itu, penting sekali menjaga asupan nutrisi sejak bayi masih di dalam kandungan.

Gigi susu yang normal berjumlah 20 gigi. 10 gigi di rahang atas dan 10 gigi di rahang bawah. Urutan jenis gigi dari tengah hingga ke belakang adalah gigi seri, gigi seri samping, taring, geraham pertama, dan geraham kedua.

Baca juga: Peneliti Temukan Cara Tumbuhkan Gigi Kembali, Seperti Apa?

Dilansir dari buku Wheeler’s Dental Anatomy, Physiology, and Occlussion: 10th edition, berikut kita simak kapan gigi bayi tumbuh sesuai urutan keluarnya.

Gigi seri

Gigi pertama yang tumbuh biasanya dua gigi seri atas dan dua gigi seri bawah. Gigi ini yang sering dikenal orang sebagai gigi kelinci. Keempat gigi ini akan tumbuh merobek gusi rata-rata pada usia bayi 6-12 bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gigi seri samping

Gigi yang selanjutnya tumbuh adalah dua gigi seri samping atas dan dua gigi seri samping bawah. Gigi-geligi ini akan muncul di usia bayi 9-16 bulan. Khusus jenis gigi ini, biasanya yang muncul duluan adalah gigi pada rahang atas. Kemudian dilanjutkan ke empat gigi geraham pertama, barulah tumbuh gigi seri samping rahang bawah.

Gigi geraham pertama

Keempat geraham pertama akan muncul pada usia bayi 13-19 bulan. Munculnya gigi geraham pertama ini biasanya akan berbarengan dengan gigi seri samping.

Gigi taring

Keempat gigi taring bayi akan tumbuh pada usia bayi 16-23 bulan. Sampai fase ini, bayi normalnya sudah memiliki 16 gigi yang tumbuh sempurna.

Geraham kedua

Gigi susu yang tumbuh paling terakhir adalah geraham kedua. Keempat gigi susu terakhir ini akan keluar pada usia bayi 23-33 bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X