Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2021, 07:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber PetMD

KOMPAS.com - Kura-kura memang bukan binatang peliharaan berbulu seperti kucing atau anjing. Namun, kura-kura juga sangat menggemaskan. Kura-kura juga mudah dipelihara asalkan Anda tahu cara memelihara kura-kura.

Dr. Steward Colby mengatakan melalui PetMD (11/2/2019) bahwa memelihara kura-kura memang tidak sulit, tapi sangat penting menjaga lingkungan hidup kura-kura. Secara umu, kura-kura akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam air. Maka dari itu mereka akan membutuhkan area untuk berenang, serta tempat untuk memanjat ke darat.

Perawatan kura-kura secara khusus memang sedikit berbeda berdasarkan jenis kura-kura yang Anda pelihara. Namun, secara umum, ini 3 cara memelihara kura-kura dengan mudah.

Habitat kura-kura

Anda akan membutuhkan habitat buatan untuk kura-kura peliharaan Anda. Semakin besar ukuran habitat kura-kura, maka akan semakin baik. Kura-kura membutuhkan air yang banyak dan area yang luas untuk bereksplorasi. Namun, jangan membuat air terlalu dalam bagi kura-kura.

Baca juga: Langka, Kura-kura Berwarna Kuning Muncul di India

Menjaga kebersihan habitat kura-kura adalah hal yang paling penting dalam memelihara kura-kura. Jika kura-kura Anda sakit, maka penyebabnya pasti ada di sini.

Air yang ada di habitat kura-kura harus selalu dalam keadaan bersih. Anda memerlukan filter yang baik untuk membersihkan air, serta rutin mengganti airnya. Air yang bersih adalah kunci untuk menjaga kura-kura periharaan Anda tetap sehat. Air yang bersih juga akan mencegah munculnya partikel-partikel asing yang memicu timbulnya infeksi.

Sedangkan suhu air tidak terlalu berpengaruh jika Anda memelihara kura-kura. Namun, kura-kura tetap membutuhkan tempat agar ia bisa berjemur, entah itu di bawah lampu atau di bawah sinar matahari. Menjemur kura-kura secara rutin juga bisa mencegah penyakit tulang pada kura-kura.

Makanan kura-kura

Makanan kura-kura berbeda berdasarkan jenis kura-kura yang Anda pelihara. Tapi, secara umum, kura-kura akan mengonsumsi serangga, ikan kecil, dan daun-daunan hijau. Anda juga bisa memberikan makanan kalengan atau pelet khusus kura-kura di toko hewan.

Memberi makan kura-kura juga tidak perlu setiap hari. Memberi makan kura-kura 4-5 kali dalam seminggu sudah cukup. Tapi jika kura-kura Anda masih bayi, maka Anda perlu memberinya makan 1-2x setiap hari.

Nutrisi tambahan seperti kalsium dan vitamin A mungkin dibutuhkan setahun dua kali. Nutrisi ini berfungsi melengkapi kebutuhan kura-kura karena mereka mendapatkan makanan liar yang terbatas jika dipelihara.

Perhatikan kesehatan kura-kura

Menyediakan makanan dan perhatian yang konsisten terhadap kura-kura akan membuat kura-kura tetap sehat. Sebagai pemilik, Anda harus memberikan makan dengan benar dan menjaga kebersihan kandang kura-kura.

Selain itu, biasakan mencuci tangan jika ingin memegang kura-kura. Salah satu penyakit yang sering menyerang kura-kura adalah infeksi akibat salmonella yang biasanya ditularkan melalui manusia.

Baca juga: Lama Sendiri, Ahli Temukan Calon Pasangan Kura-kura Paling Langka

Infeksi akibat salmonella ini bisa menjadi sangat serius dan membuat kura-kura mengalami infeksi pada cangkangnya hingga abses. Jika kondisi ini terjadi, maka Anda perlu membawa kura-kura Anda ke dokter hewan.

Anda juga perlu memerhatikan kondisi berikut dan segera membawa kura-kura Anda ke dokter hewan. Segera bertindak jika kura-kura menunjukan tanda-tanda perubahan fisik seperti mata membengkak, perubahan warna cangkang, atau kura-kura tidak mau makan.

Sekarang, Anda sudah mengerti cara memelihara kura-kura di rumah Anda. Berapa kura-kura yang ingin Anda pelihara?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com