Dianggap Cerita Fiksi, Arkeolog Temukan Kemungkinan Lokasi Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Kompas.com - 04/05/2021, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin menganggap jika tenggelamnya Kapal Van der Wijck merupakan kisah rekaan yang ditulis dalam novel karya Buya Hamka.

Namun kisah itu ternyata bukanlah cerita fiktif. Masih ada bukti-bukti yang menguatkan kalau kapal tersebut sebelumnya memang pernah berlayar.

Salah satunya adalah keberadaan tugu peringatan sebagai ucapan terima kasih kepada nelayan yang telah menolong para korban saat Van der Wijk mengalami kecelakan pada 19 Oktober 1936. Tugu tersebut masih bisa dijumpai di halaman Kantor Perikanan Brondong, Lamongan.

Baca juga: Penemuan Kapal Selam Awalnya Tidak untuk Perang

Tapi tak hanya itu saja. Arkeolog berhasil menemukan bukti lain yang menjadi petunjuk lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck.

Mengutip laman kemdikbud.go.id, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur menemukan titik lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck kemungkinan berada di perairan Lamongan.

Hasil tersebut didapatkan setelah tim BPCB Jatim melakukan kegiatan survei cagar budaya bawah air di Kabupaten Lamongan.

Dalam survey tersebut, tim BPCB melakukan penyisiran menggunakan sonar di beberapa titik. Berbagai pihak juga dilibatkan dalam upaya mencari titik lokasi kapal, mulai dari Pemkab Lamongan, nelayan hingga penduduk setempat.

Tim kemudian berhasil menemukan titik kapal karam berjarak 17 mil dari daratan yang diduga merupakan lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck.

Baca juga: Aurora Muncul saat Titanic Tenggelam, Benarkah Penyebab Karamnya Kapal?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.