Kompas.com - 04/05/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi kopi dengan gula. PIXABAY/SHIXUGANGIlustrasi kopi dengan gula.

KOMPAS.com - Mengonsumsi kopi memang sangatlah nikmat terutama bagi para pencintanya. Namun jika Anda sedang dalam kondisi hamil, sebaiknya pikir ulang untuk mengkonsumsi kopi yang tinggi kafein ini.

Pasalnya, penelitian mengungkapkan meskipun sedikit, konsumsi setengah cangkir kopi setiap hari saja dapat menghambat pertumbuhan dan berat lahir bayi di dalam rahim.

Wanita yang mengonsumsi rata-rata 50 miligram kafein per hari atau setara dengan setengah cangkir kopi, memiliki bayi yang lahir 2,3 ons lebih ringan daripada bayi yang lahir dari wanita yang tidak minum kafein.

Padahal, jumlah tersebut adalah sebagian kecil dari batas konsumsi kafein harian yang saat ini direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),

Baca juga: Jangan Percaya Mitos, Kafein Tidak Membantu Menurunkan Berat Badan

Perlu diketahui, ACOG merekomendasikan agar wanita hamil membatasi konsumsi kafein mereka hingga kurang dari 200 miligram sehari, sedangkan WHO menyarankan kurang dari 300 miligram setiap hari.

Peneliti pascadoktoral di Institut Kesehatan Anak dan Perkembangan Manusia AS, Jessica Gleason menganjurkan wanita untuk mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum ingin mengkonsumsi kafein.

"Hal ini harus dilakukan sampai peneliti mengetahui lebih banyak. Penelitian terkini menunjukkan bahwa mungkin bijaksana untuk membatasi konsumsi kafein selama kehamilan," jelas Gleason.

Studi yang telah dilakukan sebelumnya mengamati efek kafein pada kehamilan mengandalkan yang wanita untuk melaporkan berapa banyak kafein yang mereka konsumsi setiap hari

Dilansir WebMD, Minggu (25/3/2021) studi ini menggunakan sampel darah yang diambil antara 10 sampai 13 minggu masa kehamilan dari lebih dari 2.000 wanita.

Sampel darah diambil dari 12 lokasi klinis di Amerika Serikat, untuk menentukan tingkat yang tepat dari kafein dan metabolitnya, paraxanthine.

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X