Kompas.com - 03/05/2021, 20:45 WIB
Penyebab Gusi Berdarah ShutterstockPenyebab Gusi Berdarah

KOMPAS.com - Jika Anda sering mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi, mungkin Anda mengalami hal-hal berikut. Simak penjelasan mengenai penyebab gusi berdarah.

Gusi berdarah merupakan satu tanda adanya peradangan pada gusi. Kondisi ini dikenal juga dengan gingivitis. Gingivitis adalah kondisi jaringan gusi yang mengalami peradangan ringan.

Karakteristik utama yang tampak jelas biasanya jaringan gusi yang meradang akan terlihat membesar dan warnanya lebih merah. Selain itu, ditandai pula dengan mudahnya gusi berdarah saat menyikat gigi atau jika memakan makanan yang keras. Terkadang, pasien yang mengalami gingivitis juga mengeluhkan bau mulut.

Dilansir dari NCBI (13/2/2021), terdapat 5 penyebab gusi berdarah atau gingivitis. Berikut penjelasannya.

Plak

Ini merupakan penyebab yang paling umum dari gingivitis. Plak adalah lapisan tipis biofilm yang terbentuk pada permukaan gigi akibat kebersihan gigi yang tidak baik.

Jika tidak dibersihkan secara rutin dengan cara menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, plak akan mengeras menjadi karang gigi. Plak terdiri dari sisa-sisa makanan dan berbagai macam bakteri.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Aman untuk Cegah Penyakit Gusi

Selain kurang bersih saat menyikat gigi, gigi yang berjejal atau menumpuk juga menjadi faktor terbentuknya plak pada gigi kita. Gigi yang tidak beraturan akan membuat permukaan gigi semakin sulit dibersihkan sehingga menjadi sasaran yang empuk untuk terbentuknya plak.

Gigi yang berjejal membutuhkan perawatan ortodonti. Perawatan ini bertujuan agar gigi lebih rapi dan memudahkan proses pembersihan gigi dari plak.

Infeksi rongga mulut

Penyebab yang kedua adalah infeksi lain yang ada di rongga mulut. Misalnya gigi berlubang, gigi retak, tambalan yang kurang rapi, atau alergi terhadap suatu bahan yang terkandung dalam pasta gigi.

Gigi yang berlubang jelas menjadi sarang bagi bakteri di rongga mulut. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi sekunder pada gusi dan membuat gusi meradang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X