Kompas.com - 03/05/2021, 20:02 WIB
Saat cuaca cerah dan tak ada polusi cahaya, Milky Way atau Galaksi Bima Sakti bisa terlihat di langit dan difoto menggunakan kamera. Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comSaat cuaca cerah dan tak ada polusi cahaya, Milky Way atau Galaksi Bima Sakti bisa terlihat di langit dan difoto menggunakan kamera.


KOMPAS.com- Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengungkapkan ada fenomena langit menarik yakni selempang galaksi Bima Sakti yang sayang sekali untuk dilewati sembari menemani Anda bersantap sahur.

Dijelaskan Marufin, selempang galaksai Bima Sakti adalah pemandangan langit memesona yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

"Pada saat santap sahur, manakala langit cerah dan Anda tidak berada di kota besar, maka selempang Bima Sakti akan terlihat jelas," ungkap Marufin, Selasa (20/4/2021). 

Apa itu selempang galaksi Bima Sakti?

Marufin yang juga Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIK) Gombong dan Majelis Kajian Ilmu Falak (MKIF) Kebumen Jawa Tengah kembali menjelaskan lebih rinci apa yang dimaksudkan dengan selempang galaksi Bima Sakti tersebut.

Baca juga: Selempang Galaksi Bima Sakti Hiasi Langit Ramadhan saat Sahur

 

Selempang galaksi Bima Sakti adalah bagian dari galaksi Bima Sakti yang bisa disaksikan dari Bumi.

Bima Sakti adalah salah satu galaksi terbesar di jagat raya dan berbentuk cakram, serta merupakan sekumpulan miliaran bintang di alam semesta ini.

Bintang-bintang ini, sebagian besar yang menyusun galaksi Bima Sakti yang terlihat dari tepian galaksi. Galaksi ini mengandung sekitar 100 hingga 400 miliar bintang.

Matahari beserta segenap tata surya terletak di tepi Bima Sakti, sehingga memungkinkan untuk memandang ke sebagian besar struktur galaksi ini. 

"Disebut (fenomena) selempang Bima Sakti karena berbentuk mirip selendang halus yang membujur dari utara ke selatan dengan motif tertentu di bagian-bagiannya," jelasnya.

Baca juga: Mengagumkan, Peta Galaksi Bima Sakti Ini Ungkap Pergerakan Miliaran Bintang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X