Kompas.com - 03/05/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi menstruasi ShutterstockIlustrasi menstruasi
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pada umumnya, siklus haid atau menstruasi berlangsung setiap 28 hari. Namun, haid tidak teratur bisa terjadi jika siklus berlangsung lebih dari 35 hari.

Telat haid dapat terjadi ketika hormon tidak seimbang, perubahan hormonal di masa menjelang menopause, dan latihan fisik tertentu.

Jika telat haid atau siklus haid yang tidak teratur terjadi di masa pubertas atau menjelang menopause, tidak perlu melakukan perawatan untuk mengatasinya.

Namun, jika terjadi di masa reproduksi, perawatan tertentu mungkin dibutuhkan agar haid lebih teratur.

Penyebab telat haid

Dilansir dari Medical News Today, 3 Desember 2020, sejumlah faktor dapat meningkatkan kemungkinan telat haid dan sebagian besarnya berkaitan dengan produksi hormon.

Baca juga: Tak Bisa Disembuhkan, Begini Cara Mengobati Endometriosis Penyebab Nyeri Haid

Perubahan siklus hidup yang memengaruhi keseimbangan hormon adalah pubertas, menopause, kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Misal, pada masa pubertas, tubuh mengalami perubahan yang signifikan. Dibutuhkan beberapa tahun bagi estrogen dan progesteron untuk mencapai keseimbangan.

Hal ini menyebabkan sering terjadi telat haid dan siklus haid tidak teratur selama masa pubertas.

Perubahan lain yang terkait dengan haid tidak teratur adalah perubahan berat badan yang ekstrem, stres, gangguan makan, dan latihan ketahanan.

Cara mengatasi telat haid

Cara mengatasi telat haid bisa berbeda-beda, bergantung pada faktor yang menyebabkannya.
Namun, ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi telat haid. Dilansir dari Healthline, 7 Maret 2019, berikut adalah 5 cara mengatasi telat haid menurut sains.

Baca juga: Nyeri Haid Parah yang Tidak Normal, Penyebab, Gejala hingga Penanganannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.