Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijuluki Wanita Misterius, Ini Mumi Wanita Hamil Tujuh Bulan Pertama di Dunia

Kompas.com - 01/05/2021, 11:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah temuan mengejutkan berhasil diungkap oleh para peneliti Polandia.

Saat mereka sedang melakukan rontgen dan tes komputer pada seorang mumi, peneliti menemukan jika mumi yang mereka periksa ternyata merupakan seorang wanita yang sedang hamil tujuh bulan.

Temuan itu pun membuat mumi wanita tersebut tercatat sebagai kasus mumi hamil yang pertama kali ditemukan di dunia dan masih terawetkan dengan baik.

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (30/4/2021) tak ada yang menyangka jika mumi tersebut ternyata seorang wanita.

Pasalnya, identifikasi pertama yang dilakukan pada tahun 1826 berdasarkan tulisan di sarkofagusnya menyebut bahwa mumi merupakan seorang pendeta pria.

Baca juga: Tak Hanya di Mesir, Mumi Burung juga Ditemukan di Gurun Atacama

Tak ada pemeriksaan lebih lanjut setelah itu, hingga studi terbaru yang dilakukan para peneliti Polandia akhirnya mengungkap siapa yang ada dibalik mumi.

"Kejutan pertama kami adalah mumi ternyata tak memiliki penis melainkan payudara dan rambut panjang. Kemudian kami juga menemukan kalau mumi itu sedang hamil. Kami melihat kaki kecil dan kemudian tangan kecil dari janin, kami sangat terkejut," kata Marzena Ozarek-Szilke, antropolog dan arkeolog yang terlibat dalam studi ini.

Para peneliti memperkirakan mumi wanita itu berusia antara 20 hingga 30 tahun. Dari ukuran tengkorak bayi, peneliti juga memprediksi jika janin saat itu kurang lebih berumur 26 hingga 28 minggu.

"Ini adalah temuan kami paling penting dan signifikan sejauh ini. Temuan juga membuka kemungkinan mempelajari mengenai kehamilan dan pengobatan komplikasi di zaman kuno," papar Wojciech Ejsmond dari Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia kepada Associated Press.

Meski begitu, mengutip Science Alert temuan mumi wanita hamil ini juga menghadirkan misteri yang menarik.

Siapa sebenarnya wanita itu dan mengapa ia dimumikan bersama janinnya? Termasuk juga pertanyaan mengenai, apakah memang orang Mesir kuno percaya bahwa janin yang belum lahir dapat melanjutkan ke alam baka atau mumi ini hanya merupakan anomali aneh semata.

Keanehan serta kemisteriusan mumi wanita itu membuat Museum Nasional di Warsawa, Polandia kemudian menjulukinya sebagai Wanita Misterius.

"Untuk alasan yang tak diketahui, janin belum dikeluarkan dari perut selama mumifikasi. Karena alasan itu, mumi sangat unik dan sejauh ini diidentifikasi sebagai satu-satunya mumi dengan janin dalam rahim," ungkap Ejsmond.

Baca juga: 160 Peti Mati Mesir Kuno, Beberapa Makam Mumi Disegel Kutukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com