Kompas.com - 30/04/2021, 04:01 WIB


KOMPAS.com- Buah Tin atau buah Ara adalah buah kaya akan nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Ada lima manfaat buah tin yang bisa diperoleh saat mengonsumsinya.

Seperti kurma, keistimewaannya tercantum dalam Al Qur'an. Demikian pula juga dengan buah ara, yang bahkan menjadi surat khusus di dalam kitab suci umat Islam ini, yakni Surat At-Tin.

Keistimewaan kedua buah ini ada dalam Al Qur'an. Lantas, bagaimana dengan manfaat buah tin secara ilmiah?

Tak hanya kurma, yang daat menjadi kudapan sehat, baik ssat dikonsumsi di hari biasa, maupun saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Kudapan sehat, baik saat buka puasa maupun sahur, juga bisa diperoleh dari sebutir buah tin atau buah ara.

Baca juga: Buah Tin Kaya Nutrisi Baik untuk Tubuh

 

Buah bernama latin Ficus carica ini, seperti dilansir dari Healthline, Rabu (28/4/2021), memiliki bentuk yang sangat unik, menyerupai tetesan air mata.

Ukuran buah ara juga hanya sebesar ibu jari orang dewasa, dan berisi ratusan biji kecil, serta memiliki kulit buah berwarna ungu atau hijau yang bisa dimakan.

Selain kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, buah tin juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan organ dalam tubuh. Berikut 5 manfaat buah tin yang sangat baik dikonsumsi.

Baca juga: Daftar Buah yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

 

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah tin atau buah ara telah lama digunakan sebagai obat rumahan atau pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.

Sebab, buah ini mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melembutkan tinja, sehingga mengurangi potensi sembelit.

Selain itu, buah tin juga berfungsi sebagai prebiotik, atau sumber makanan untuk bakteri sehat yang ada di dalam usus Anda.

Berbagai studi dan penelitian tentang manfaat buah tin untuk mengatasi sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan telah banyak dipublikasikan.

Baca juga: 3 Jenis Buah-buahan yang Dibutuhkan untuk Menurunkan Berat Badan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.