[POPULER SAINS] Bumi Super Baru Mengorbit Katai Merah | Kekahawatiran Epidemiolog Varian Covid-19 India Masuk Indonesia

Kompas.com - 29/04/2021, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan di Instituto de Astrofísica de Canarias (IAC), Pulau Canary, Spanyol, menemukan Bumi Super (Super-Earth) baru.

Ini adalah salah satu berita terpopuler Sains Kompas.com edisi Rabu, 28 April 2021.

Berita populer lainnya, masuknya varian Covid-19 yang mirip ada di India ke Indonesia rupanya membuat ahli penyakit menular khawatir.

Kendati angka Covid-19 belum menurun di Indonesia, rupanya ini tidak menyurutkan niat pendukung sepak bola untuk berkerumun sampai polisi harus turun tangan. Alasan kenapa banyak orang Indonesia tak takut tertular virus corona pun menjadi berita populer lainnya.

Berita populer terakhir, sial cara NASA mengubah udara di Mars menjadi oksigen yang bisa bermanfaat untuk astronot di Mars nantinya.

Baca juga: [POPULER SAINS] 2 Gempa Guncang Selatan Jawa, Yogyakarta dan Sukabumi | Fakta Bulan Purnama Pink

Berikut ulasan berita populer Sains selengkapnya.

1. Bumi super (Super-earth) baru ditemukan, mengorbit katai merah

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan di Instituto de Astrofísica de Canarias (IAC), Pulau Canary, Spanyol, menemukan Bumi Super (Super-Earth) baru.

Dilansir dari Science Daily, Selasa (27/4/2021), dalam beberapa tahun terakhir telah ada penelitian mendalam tentang bintang katai merah untuk menemukan exoplanet yang mengorbit di sekitar bintang tersebut.

Peneliti mengatakan bahwa bintang-bintang katai ini memiliki suhu permukaan antara 2.400 derajat K dan 3.700 derajat K, atau lebih dari 2.000 derajat lebih dingin dari Matahari.

Massa bintang katai tersebut antara 0,08 hingga 0,45 massa Matahari.

Dalam konteks ini, para ilmuwan yang dipimpin oleh Borja Toledo Padron, seorang mahasiswa doktoral Severo Ochoa-La Caixa di Instituto de Astrofísica de Canarias (IAC), telah menemukan super-Earth atau Bumi Super yang mengorbit bintang katai merah, GJ 740, yang berada sekitar 36 tahun cahaya dari Bumi.

Baca temuan menarik ini di sini:

Ilmuwan Temukan Bumi Super Baru Mengorbit Bintang Katai Merah

2. Varian Covid-19 India masuk Indonesia buat ahli penyakit menular khawatir

Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) membawa kayu untuk menyiapkan tiang pemakaman untuk korban penyakit virus corona (COVID-19) selama kremasi massal di krematorium di New Delhi, India, Senin (26/4/2021).ANTARA FOTO/REUTERS/ADNAN ABIDI Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) membawa kayu untuk menyiapkan tiang pemakaman untuk korban penyakit virus corona (COVID-19) selama kremasi massal di krematorium di New Delhi, India, Senin (26/4/2021).

Seorang ahli penyakit menular mengkhawatirkan kemampuan Indonesia dalam upaya penelusuran kontak terkait penyebaran varian baru Covid-19 India yang sudah masuk ke Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.