Kompas.com - 24/04/2021, 04:00 WIB
Selain disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, berbuka puasa dengan kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Puasa Ramadhan. FREEPIK/8PHOTOSelain disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, berbuka puasa dengan kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Puasa Ramadhan.


KOMPAS.com- Kurma adalah salah satu kudapan khas Ramadhan yang selalu disantap, baik saat sahur atau buka puasa.

Buah berwarna cokelat dengan rasa yang manis ini selalu menjadi sajian spesial saat datang bulan Ramadhan.

Saat waktu berbuka puasa tiba, biasanya umat muslim akan mencari kurma.

Berbuka puasa dengan kurma dan air putih adalah salah satu sunah Nabi Muhammad SAW.

Bahkan, manfaat kurma dan nutrisi yang ada dalam buah ini, tidak hanya telah terbukti secara sains, tetapi juga disebutkan di dalam Al Qu'ran.

Selain, kurma juga menjadi kudapan favorit Nabi Muhammad SAW, buah ini juga ternyata memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, terutama saat dikonsumsi selama Ramadhan, di saat waktu berbuka puasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Manfaat Kurma untuk Kesehatan Saat Buka Puasa dan Sahur

 

Dilansir dari Aljazeera, Sabtu (24/4/2021), kurma, baik yang masih segar atau kurma kering, kaya akan vitamin, mineral dan serat penting.

Kurma juga memiliki antioksidan tinggi, sehingga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Manfaat kurma lainnya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh, sebab memiliki fruktosa yang tinggi. Gula alami yang terdapat pada kurma adalah sumber energi yang besar. Jadi, ketika dikonsumsi, maka kurma akan dapat memulihkan energi setelah berpuasa seharian.

Lantas, dari mana asal kurma yang biasa dikonsumsi selama Ramadhan ini dan apa saja jenisnya?

Setiap tahun, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB, setidaknya sebanyak 9 juta metrik ton kurma diproduksi.

Kurma, takjil atau kudapan wajib yang selalu ada saat Ramadhan ini, cenderung tumbuh subur di negara-negara dengan musim panas yang panjang dan terik, seperti Timur Tengah dan negara sekitarnya. 

Baca juga: Penjelasan Ahli Gizi tentang Sunah Berbuka Puasa dengan Kurma

Halaman:


Sumber Aljazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X