Kompas.com - 23/04/2021, 08:02 WIB


KOMPAS.com- Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) semakin ambisius melakukan misi eksplorasi di planet Mars. Kali ini, untuk pertama kalinya, NASA berhasil mengekstraksi udara di Mars menjadi oksigen.

Peluncuran misi luar angkasa, Perseverance yang turut membawa helikopter untuk mengeksplorasi permukaan planet merah tengah berlangsung.

Misi ke Mars tersebut dilakukan untuk mencari tanda kehidupan, dan potensi planet tersebut sebagai rumah baru bagi umat manusia.

Kali ini, misi yang dilakukan NASA adalah mengekstraksi udara di atmosfer Mars, yakni karbon dioksida untuk dijadikan oksigen.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (23/4/2024), NASA telah lebih dulu menandai misi luar angkasa terbarunya di Mars, yakni misi mengubah karbon dioksida dari atmosfer Mars dengan menekstraksinya menjadi oksigen murni yang dapat digunakan untuk bernapas.

Baca juga: Terobosan Canggih, Ilmuwan Temukan Cara Bikin Oksigen di Mars

 

Hal itu disampaikan badan antariksa AS tersebut pada Rabu lalu.

Ekstraksi oksigen ini belum pernah terjadi sebelumnya, yang benar-benar dikeluarkan dari udara tipis di Mars.

Ekstraksi udara di Mars tersebut dicapai oleh sebuah perangkat eksperimental yang dibawa Perseverance NASA.

Robot penjelajah NASA ini telah tiba di permukaan planet merah sejat Maret lalu dan bersiap melakukan berbagai misi luar angkasa di Mars.

Dalam aktivasi pertamanya, instrumen seukuran pemanggangan roti yang dijuluki, MOXIE, kepanjangan dari Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment.

Menurut NASA, ekstraksi karbon dioksida dalam udara Mars untuk menjadi oksigen, MOXIE diperkirakan dapat menghasilkan 5 gram oksigen, atau setara kira-kira 10 menit pernapasan untuk astronot.

Baca juga: NASA Bagikan Foto Pola Biru Aneh di Kutub Mars, Apa Itu?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.