Kompas.com - 22/04/2021, 11:03 WIB


KOMPAS.com- Arkeolog di Turki menemukan sisa-sisa arena gladiator yang berasal dari zaman Romawi.

Reruntuhan itu pun memberikan gambaran kemegahan pertandingan gladiator di masa lalu.

Saat itu, menurut peneliti setidaknya ada 20.000 penonton bersorak dan mencemooh perkelahian antara para gladiator melawan hewan liar.

Seperti dikutip dari Live Science, Rabu (21/4/2021) arena berusia 1800 tahun itu ditemukan diperbukitan kota kuno Mastaura, di Provinsi Aydin barat Turki.

Sayangnya, ketika ditemukan area pusatnya yang luas, tempat pertunjukan pertandingan telah dipenuhi dengan tanah dan tumbuhan.

"Sebagian amfiteater berada di bawah tanah dan bagian yang terlihat sebagian besar ditutupi oleh semak dan pohon liar," kata Mehmet Umut Tuncer, direktur kebudayaan dan pariwisata provinsi Aydin.

Baca juga: Kedai Makanan Cepat Saji Zaman Romawi Ditemukan di Pompeii

 

Arkeolog menemukan arena gladiator di masa Romawi tersebut pada musim panas 2020, setelah mereka mendapat izin dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki untuk melakukan penelitian arkeologi di kota kuno tersebut.

Setelah menemukan batu besar yang menjulang dari tanah, tim segera mulai membersihkan dan mempelajari situs tersebut. Dari Oktober hingga Desember 2020, arkeolog menebang semua semak dan pohon liar.

"Kami mulai melindungi bangunan dari kerusakan alam," ungkap Tuncer.

Peneliti kemudian menemukan bahwa arena tersebut ternyata berasal dari 200 M.

Itu artinya arena gladiator bangsa Romawi di Turki ini dibangun selama Dinasti Severan yang mencakup lima kaisar yang berturut-turut memerintah dari tahun 193 hingga 235 M.

Baca juga: Berusia 2.000 Tahun, Jalan Era Kekaisaran Romawi Ditemukan di Inggris

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.