Kompas.com - 22/04/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi arloji portabel klasik buatan Johan Ferdinand Mehrer asal Jerman.
Sebelum ditemukan jam tangan, arloji portabel berkembang di Jerman. Peter Henlein adalah tukan kunci yang menjadi pencetus arloji portabel, cikal bakal dari jam tangan masa kini. Walters Art Museum via WIKIMEDIA COMMONSIlustrasi arloji portabel klasik buatan Johan Ferdinand Mehrer asal Jerman. Sebelum ditemukan jam tangan, arloji portabel berkembang di Jerman. Peter Henlein adalah tukan kunci yang menjadi pencetus arloji portabel, cikal bakal dari jam tangan masa kini.


KOMPAS.com- Jam tangan adalah alat penunjuk waktu yang telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Siapa sangka, jika dibalik sejarah penemuan jam tangan ini, ternyata penemunya adalah seorang tukang kunci.

Selama ribuan tahun, manusia telah mengukur waktu dengan berbagai cara, seperti melacak pergerakkan matahari dengan jam matahari, penggunaan jam air, jam lilin, dan jam pasir.

Setelah berabad-abad dan ribuan tahun kemudian, peradaban manusia modern akhirnya berkembang dan sejarah jam dimulai dengan munculnya desain jam tangan analog.

Komunitas ilmiah modern telah menyatakan bahwa Peter Henlein, pembuat jam dari Nuremberg, Jerman.

Atas penemuan jam portabelnya, sejarah mencatat Henlein yang lahir pada tahun 1485 ini dinobatkan sebagai 'Bapak Jam Modern', sekaligus pencetus seluruh industri pembuatan jam yang kita kenal hari ini.

Baca juga: Berjemur untuk Dapat Vitamin D3, Jam Berapa Sebaiknya?

 

Sebelum dikenal sebagai penemu jam, Henlein pernah bekerja sebagai tukang reparasi dan tukang kunci di sebuah perusahaan barang antik yang berkembang di Nuremberg, Jerman.

Dia memperkenalkan per utama sebagai pengganti bobot yang memungkinkan jam tangan dapat berukuran kecil dan mudah dibawa.

Selama masa itu, tukang kunci memang dapat melakukan banyak hal, tidak hanya membuat kunci, tetapi juga membuat berbagai perangkat lain.

Bahkan, tukang kunci di masa itu, juga bisa menjadi ahli mekanik, pandai besi hingga terlibat dalam pengembangan dan konstruksi perangkat pengatur waktu.

Dilansir Encyclopedia, Kamis (22/4/2021), sekitar tahun 1500, Henlein mulai membuat jam kecil yang digerakkan oleh pegas.

Sejarah penemuan jam tersebut diklaim sebagai arloji portabel pertama, serta dirancang untuk dapat dibawa dengan mudah di tangan dan berbentuk lingkaran atau oval.

Baca juga: Siklus Tidur Terganggu, Benarkah Teknologi Mengubah Jam Tubuh Manusia?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X