Kopi Liar bisa Lindungi Masa Depan Minuman Kopi dari Perubahan Iklim

Kompas.com - 21/04/2021, 18:03 WIB


KOMPAS.com- Tanaman kopi umumnya tumbuh di dataran tinggi yang cenderung bersuhu dingin. Namun, ada satu spesies tanaman kopi liar yang berbeda dan disebut bisa melindungi masa depan minuman kopi dari ancaman perubahan iklim.

Spesies tanaman kopi liar, Coffea stenophylla, adalah jenis tanaman kopi yang unik dan berbeda dari kebanyakan tanaman kopi pada umumnya.

Sebab, seperti dikutip dari BBC Indonesia, Rabu (21/4/2021), spesies tanaman kopi yang 'terlupakan' ini dapat tumbuh di dalam kondisi lingkungan yang lebih hangat.

Tak dipungkiri bahwa dampak perubahan iklim kian nyata dan mengancam berbagai lini kehidupan, tak terkecuali komoditas pangan.

Temperatur Bumi yang semakin meningkat akibat pemanasan global, akan membuat kopi bercita rasa enak semakin sulit untuk tumbuh.

Baca juga: Apa Efek Konsumsi Kopi saat Sahur Selama Puasa Ramadhan?

 

Para ilmuwan mengatakan spesies tanaman kopi liar ini dapat melindungi masa depan minuman kopi yang menjadi favorit semua orang, dari ancaman perubahan iklim dan pemanasan global.

Berbagai studi telah memperkirakan bahwa pada tahun 2050 mendatang, sekitar setengah dari lahan yang digunakan untuk menanam kopi kualitas tinggi, tidak akan lagi produktif.

"Kopi liar yang rasanya enak dan toleran terhadap panas dan kekeringan adalah harta karun dalam pemuliaan kopi," kata Dr. Aaron Davis, kepala divisi riset kopi di Royal Botanic Gardens, Kew, Inggris.

Coffea stenophylla, menurut para ilmuwan, merupakan spesies tanaman kopi liar yang cukup langka. Rasanya disebut tak kalah dengan kopi-kopi berkualitas tinggi lainnya.

Bahkan, menurut ahli, kopi liar ini memiliki rasa yang mirip dengan kopi Arabika kualitas tinggi.

"Dan kami sangat terkejut ketika mengetahui bahwa rasanya luar basa. Ia (tanaman kopi liar Stenophylla) memiliki sifat-sifat lain yang terkait dengan toleransi iklim. Ia akan tumbuh dan panen dalam kondisi yang jauh lebih hangat dari kopi Arabika," jelas Davis.

Baca juga: 8 Cara Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat Dikonsumsi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.