Kompas.com - 21/04/2021, 10:02 WIB
RA Kartini WIKIMEDIA COMMONS/GPL FDLRA Kartini

KOMPAS.com - Setiap tanggal 21 April, kita memeringati hari Kartini. Bukan tanpa alasan, ini adalah hari lahir sosok pahlawan nasional yang berkat pemikirannya mengentaskan perempuan dari batasan-batasan sempit ala kolonial.

Lahir di Jepara pada 21 April 1879, Kartini adalah anak kelima dari 11 bersaudara.

Dia sempat belajar bahasa Belanda di Europese LAgere School hingga berusia 12 tahun.

Selepas itu dia dipingit, tapi rasa hausnya untuk menambah pengetahuan tak pernah berhenti.

Berkat kegemaran membaca dan menggali ilmu dari berbagai karya sastra membuat wawasannya luas. Prinsipnya pun semakin bulat untuk mencerdaskan dan memajukan wanita pribumi.

Baca juga: RA Kartini, Putri Jawa Pejuang Emansipasi dan Sejarah Hari Kartini

Suatu waktu, Kartini mengelilingi Jawa untuk memulai mendirikan sekolah bagi kaum wanita.

Kala itu, Direktur Departemen Pendidikan, Agama, dan Industri Hindia Belanda Jacques Hendrij Abendanon sempat mampir ke rumah Bupati Jepara Sosroningrat, ayahnya.

Dilansir laman historia.id edisi 23 April 2020, kunjungan Abendanon itu atas usulan penasihat pemerintah kolonial Christian Snouck Hurgronje.

Menurut Hurgronje, Kartini terkenal karena berani melanggar feodalisme Jawa dan punya ide untuk menyediakan pendidikan bagi kaum perempuan.

Saran Hurgronje terbukti. Dalam pengantarnya di buku surat-surat Kartini, Door Duisternis tot Licht, Abendanon mengaku perkenalan dan keramahan keluarga Sosroningrat membuatnya cukup tercengang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X