Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2021, 10:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Langit malam tak henti-hentinya menyuguhkan beragam fenomena astronomi yang sayang untuk dilewatkan sepanjang Ramadhan ini. Salah satunya beragam fase Bulan, yang telah diamati sejak hilal hingga nanti di penghujung bulan puasa ini.

Ada banyak pemandangan langit malam sepanjang bulan Ramadhan 1442 Hijriah, yang bisa diamati secara kasatmata atau tanpa perlu perangkat astronomi seperti teleskop.

 

Berbagai fenomena astronomi Ramadhan menjadi pemandangan yang bisa disaksikan secara langsung di Indonesia.

Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengungkapkan beberapa pemandangan langit itu antara lain mulai dari bulan sabit menjadi bulan purnama, konjungsi planet dan Bulan, hujan meteor, selempangan galaksi Bima Sakti.

Bahkan, pemandangan lainnya yakni melintasnya benda-benda langit buatan manusia, seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Baca juga: Astronomi Ramadhan: Fase Bulan dan Hilal Penentu Awal Ramadhan

 

"Sepanjang Ramadhan 1442 H ini ada beberapa peristiwa menarik di langit malam yang menemani kita," kata Marufin, kepada Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Marufin mengatakan bahwa fase Bulan menjadi salah satu peristiwa atau fenomena langit Ramadhan yang menarik.

Bahkan, perubahan bentuk Bulan telah menarik sejak Rabu (14/4/2021), atau tepatnya saat dimulainya tanggal bulan puasa, diawali dengan kemunculan anak bulan atau hilal yang diamati serempak di seluruh penjuru dunia pada 12 April lalu.

Lebih lanjut Marufin menjelaskan bahwa fase Bulan ini akan berlangsung selama dua minggu ke depan, di mana Bulan akan hadir di langit senja selepas Matahari terbenam.

"Berawal dari bentuk sabit yang tipis, dari hari ke hari ia akan makin menebal. Hingga akhirnya (fase Bulan) akan tampak Bulan perbani atau separuh pada kuartir pertama pada Selasa (malam ini)," kata Marufin.

Baca juga: 11 Fenomena Hiasi Langit Indonesia Selama Bulan Ramadhan, Catat Jadwalnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com