Kompas.com - 15/04/2021, 07:00 WIB
Balai Kota Malang saat diambil foto beberapa waktu lalu. KOMPAS.COM/ANDI HARTIKBalai Kota Malang saat diambil foto beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com - Malang merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Timur.

Kota yang didirikan pada zaman Belanda ini mengalami berbagai peristiwa penting, mulai dari kejayaan kerajaan di Nusantara hingga pembangunan di masa Pemerintah Penjajahan Belanda.

Kota yang terkenal dengan kuliner bakso Malang dan klub sepakbola Arema ini memiliki sejarah penting dalam penamaan asal-usul Malang.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), arti kata malang adalah terletak melintang atau dalam kata sifat berarti bernasib buruk.

Namun, asal-usul nama Malang tidak berhubungan dengan dua makna yang ada di KBBI itu.

Baca juga: Asal-usul Nama Bandung, dari Kisah Kendaraan Air hingga Bendungan

Penamaan kota Malang

Asal usul penamaan Malang sampai sekarang masih diperdebatkan oleh para ahli sejarah. Setidaknya ada dua teori di balik penamaan kota Malang.

Malang Kucecwara

Kota Malang memiliki nama lengkap Malang Kucecwara yang berarti Tuhan akan membantu kita menaklukkan yang jahat.

Hipotesis pertama merujuk pada nama sebuah bangunan suci bernama Malangkuçeçwara (diucapkan [mala?ku?e?woro]).

Bangunan suci tersebut disebut dalam dua prasasti Raja Balitung dari Mataram Kuno, yakni Prasasti Mantyasih tahun 907 Masehi dan Prasasti 908 Masehi.

Dalam buku The Miracle of Language yang ditulis Moses Adesan Mihaballo, Heru Susanto, dan Sriyana, para ahli masih belum memperoleh kesepakatan di mana bangunan tersebut berada.

Di satu sisi, ada sejumlah ahli yang menyebutkan bahwa bangunan Malangkuçeçwara terletak di daerah Gunung Buring, suatu pegunungan yang membujur di sebelah timur Kota Malang di mana terdapat salah satu puncaknya bernama "Malang".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X