Kompas.com - 13/04/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi macan tutul salju, salah satu spesies endemik di Himalaya yang terancam punah karena perubahan iklim. SHUTTERSTOCK/Dennis W DonohueIlustrasi macan tutul salju, salah satu spesies endemik di Himalaya yang terancam punah karena perubahan iklim.

KOMPAS.com - Spesies endemik di sejumlah negara terancam punah akibat perubahan iklim yang tidak terkendali.

Hal ini disampaikan oleh tim ilmuwan dalam studi ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Biological Conservation, Jumat, 9 April 2021.

Para peneliti menyimpulkan pernyataan tersebut setelah menganalisis hampir 300 titik panas keanekaragaman hayati, tempat dengan jumlah spesies hewan dan tumbuhan yang sangat tinggi baik di darat maupun di lautan.

Tim ilmuwan dunia itu mendapati banyak dari titik panas tersebut berisi spesies endemik unik yang berada di satu lokasi geografis seperti satu pulau atau satu negara.