Kompas.com - 13/04/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi macan tutul salju, salah satu spesies endemik di Himalaya yang terancam punah karena perubahan iklim. SHUTTERSTOCK/Dennis W DonohueIlustrasi macan tutul salju, salah satu spesies endemik di Himalaya yang terancam punah karena perubahan iklim.

KOMPAS.com - Spesies endemik di sejumlah negara terancam punah akibat perubahan iklim yang tidak terkendali.

Hal ini disampaikan oleh tim ilmuwan dalam studi ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Biological Conservation, Jumat, 9 April 2021.

Para peneliti menyimpulkan pernyataan tersebut setelah menganalisis hampir 300 titik panas keanekaragaman hayati, tempat dengan jumlah spesies hewan dan tumbuhan yang sangat tinggi baik di darat maupun di lautan.

Tim ilmuwan dunia itu mendapati banyak dari titik panas tersebut berisi spesies endemik unik yang berada di satu lokasi geografis seperti satu pulau atau satu negara. 

Baca juga: Resmi, Dua Spesies Gajah Afrika Masuk Daftar Terancam Punah

Mereka menemukan bahwa jika planet memanas lebih dari 3 derajat celsius maka sepertiga spesies endemik yang hidup di darat, dan sekitar setengah dari spesies endemik yang hidup di laut, menghadapi kepunahan.

Daftar wilayah dan spesies endemik yang terancam punah

Berikut daftar wilayah dan spesies endemik yang terancam punah akibat perubahan iklim dunia.

1. Spesies endemik (ikonik)

Spesies endemik yang disebutkan oleh para peneliti adalah beberapa hewan dan tumbuhan paling ikonik di dunia.

Spesies endemik yang terancam oleh perubahan iklim termasuk semua spesies lemur yang unik di Madagaskar dan macan tutul salju, salah satu hewan paling karismatik di Himalaya. 

Para peneliti juga memasukkan tanaman medis penting yang akan punah dari muka bumi seperti lumut lobaria pindarensis, yang digunakan untuk meringankan radang sendi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X