Kompas.com - 12/04/2021, 19:30 WIB
Foto yang diambil pada 3 Juli 1961, menampilkan sosok kosmonot Soviet, Yuri Gagarin, saat mengunjungi Finlandia. Wikimedia CommonsFoto yang diambil pada 3 Juli 1961, menampilkan sosok kosmonot Soviet, Yuri Gagarin, saat mengunjungi Finlandia.


KOMPAS.com- Tepat hari ini, Senin (12/4/2021) enam puluh tahun lalu, kosmonot Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di luar angkasa.

Siapa Yuri Gagarin?

Ia berhasil memenangkan persaingan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat menuju ke luar angkasa sekaligus menandai babak baru dalam eksplorasi luar angkasa.

Terlepas dari keberhasilan misi tersebut, perjalanan Yuri Gagarin ternyata masih menyimpan beberapa hal yang tak banyak diketahui oleh khalayak. Berikut rangkuman dari Kompas.com.

1. Slogan legendaris Gagarin

Yuri Gagarin berhasil terpilih sebagai orang yang melakukan pernerbangan ke luar angkasa. Gagarin diberangkatkan menggunakan wahana antariksa Vostok-1 pada 12 April 1961.

Ternyata saat penerbangan lepas landas dari Baikonur di Kazakhstan, ada sesuatu hal menarik yang dilakukan Gagarin.

Baca juga: Perjalanan Luar Angkasa Sebabkan Perubahan pada Otak Kosmonot, Ini Penjelasannya

 

Kosmonot Yuri Gagarin dilaporkan melepas sepatunya sebelum memasuki Vostok, sebuah kebiasaan di Rusia saat memasuki sebuah rumah.

Yuri Gagarin juga meneriakkan sebuah kata yang menjadi slogan yang ikonik 'Poekhali!' atau 'Ayo pergi' dalam bahasa Rusia.

2. Perjalanan berisiko

Penerbangan ke luar angkasa untuk pertama kalinya ini ternyata tak lepas dari risiko. Hal tersebut baru diketahui setelah Gagarin sampai ke Bumi dengan selamat. Fakta menunjukkan jika misi tersebut tak semuanya berjalan sesuai rencana.

Di antara selusin gangguan teknis, Vostok diketahui memasuki orbit pada ketinggian yang lebih tinggi dari yang diharapkan.

Jika sistem rem tak berfungsi, Gagarin harus menunggu pesawat luar angkasa turun sendiri. 

Meski penuh dengan makanan, air, dan oksigen untuk bertahan 10 hari, ketinggian orbit yang lebih tinggi berarti butuh waktu lebih lama untuk turun. Kosmonot Yuri Gagarin juga akan kehabisan persediaan. Namun, beruntung akhirnya rem bekerja.

Baca juga: Misi SpaceX, 2 Astronot NASA Sampai ISS dan Disambut Kosmonot Rusia

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X