Kompas.com - 10/04/2021, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Para ilmuwan mengekstraksi sisa-sisa fosil yang ditemukan sebuah gua di Bulgaria. Mereka menemukan jejak Homo sapiens atau manusia modern paling awal saat jelajahi Eropa.

DNA yang diekstraksi itu berasal dari sisa-sisa tiga manusia modern yang hidup sekitar 45.000 tahun yang lalu di Gua Bacho Kiro, dekat kota Dryanovo, Bulgaria, dikutip dari Reuters, Jumat (9/4/2021).

Temuan ini mengungkapkan kejutan tentang beberapa populasi Homo sapiens paling awal yang menjelajah ke Eropa, termasuk kawin silang ekstensif dengan manusia purba Neanderthal dan hubungan genetik dengan nenek moyang Asia Timur saat ini.

Para ilmuwan telah mengurutkan genom ketiga manusia modern ini, dan ke semuanya adalah laki-laki.

Pengurutan genom atau sequensing genom menggunakan DNA yang diperoleh dari molar dan fragmen tulang yang ditemukan di goa tersebut.