Kompas.com - 09/04/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi siklon tropis Ilustrasi siklon tropis

KOMPAS.com - Baru saja siklon tropis atau badai Seroja bergerak menjauhi Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya pertumbuhan siklon tropis Odette.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto MSi mengatakan, bahwa saat ini siklon tropis Odette adalah bibit siklon 90S yang sejak tanggal 2 April 2021 lalu muncul bersamaan dengan badai Seroja.

Dijelaskan Guswanto, pemberian nama siklon tropis Odette dilakukan oleh Australian Bureau of Meteorology (BoM) Tropical Cyclone Warning Center (TCWC), karena posisi siklon tropis tesebut berada di wilayah tanggung jawab Australia.

Baca juga: Siklon Tropis Adalah: Pengertian, Proses, Ukuran dan Daerah Pertumbuhan

Hingga Jumat, 9 April 2021, siklon tropis Odette ini diketahui berada di Samudera Hindia, tepatnya pada posisi 14.2 LS dan 107.7 BT, atau sekitar 780 kilometer selatan barat daya dari Cilacap.

Dalam konferensi pers BMKG, Guswanto menyampaikan, kecepatan angin maksimum pada pusat sirkulasi siklon tropis Odette mencapai 45 knot atau sekitar 80 kilometer per jam.

Sementara, tekanan udara di pusat sirkulasinya adalah 990 hPa.

"Dalam 24 jam ke depan, diperkirakan Siklon Tropis Odette akan terus bergerak ke arah selatan hingga barat daya menjauhi wilayah Indonesia dengan intensitas yang cenderung melemah," kata Guswanto, Jumat (9/4/2021).

Sedangkan, saat ini siklon tropis Seroja masih berada di wilayah Samudera Hindia dengan pergerakan ke arah barat daya semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Kecepatan angin maksimum siklon tropis Seroja ini tercatat sekitar 40 knot atau 75 kilometer per jam.

Dampak siklon tropis Odette dan Seroja

Dengan keberadaan kedua siklon tersebut, yakni siklon tropis Seroja dan Odette, BMKG mengimbau adanya potensi dampak secara tidak langsung di sejumlah wilayah Indonesia.

Dampak siklon tropis Odette dan Seroja ini adalah potensi hujan intensitas sedang hingga lebat, serta gelombang tinggi yang bisa mencapai 6 meter.

Baca juga: Ahli: Bukan Tsunami, tapi Siklon Tropis Seroja Berpotensi Timbulkan Meteo-Tsunami

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X