Kompas.com - 31/03/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi pikun, demensia SHUTTERSTOCK/fizkesIlustrasi pikun, demensia


KOMPAS.com- Demensia adalah istilah yang menggambarkan berbagai gejala yang memengaruhi fungsi kognitif seseorang. Kondisi ini biasanya memiliki beberapa tanda awal, seperti hilang ingatan.

Demensia terjadi ketika sel saraf di otak seseorang berhenti bekerja. Meskipun kebanyakan terjadi pada usia tua, namun hal ini tidak dapat dihindarkan dalam proses penuaan semua manusia.

Kerusakan alami otak terjadi pada semua orang seiring bertambahnya usia, tetapi lebih cepat terjadi pada penderita demensia.

Demensia cenderung memburuk dari waktu ke waktu sehingga Anda perlu waspada sejak dini agar dapat ditangani segera dengan mengenali tanda-tanda awalnya.

Dilansir Medical News Today, Rabu (31/3/2021), ada banyak jenis demensia. Menurut National Institute on Aging, yang paling umum adalah penyakit Alzheimer.

Baca juga: Ahli Minta Jangan Maklumi Lansia yang Pikun, Ini 10 Gejala Demensia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Biasanya, mereka yang terdiagnosis mengalami demensia akan mengalami dua atau lebih gejala ini dan akan mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. Berikut 10 tanda-tanda awal demensia:

1. Hilangnya ingatan

Kehilangan ingatan atau memori adalah gejala umum demensia. Gejala demensia ini biasanya penederita mengalami kesulitan untuk mengingat informasi yang baru saja mereka pelajari, seperti tanggal atau peristiwa, atau informasi baru.

2. Kesulitan memecahkan masalah

Penderita demensia mungkin kesulitan mengikuti rencana, seperti mengikuti resep saat memasak, atau petunjuk arah saat mengemudi.

Baca juga: 75 Persen Kematian Pasien Covid-19 adalah Orang Dengan Demensia

 

Selain itu, penderita juga akan sulit dalam melakukan pemecahan masalah, seperti saat menjumlahkan angka untuk membayar belanjaan di pasar.

3. Kesulitan melakukan tugas-tugas biasa

Penderita demensia mungkin mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas yang rutin mereka lakukan.

Misalnya ketika mengubah pengaturan di televisi, mengoperasikan komputer, membuat secangkir teh, atau pergi ke tempat yang sudah dikenal. Kesulitan dengan tugas-tugas harian ini, biasanya tanda awal demensia yang bisa terjadi di rumah atau di kantor.

Baca juga: Tes Saraf Penciuman Bisa Deteksi Demensia Sejak Dini

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.