Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Cara Turunkan Berat Badan dengan Air Putih | Kebakaran Kilang Pertamina Indramayu Dipicu Petir?

Kompas.com - 30/03/2021, 07:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Berita populer Sains Kompas.com edisi Senin, 29 Maret 2021 beragam.

Ada dua fenomena yang saat ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Pertama, dugaan kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu yang diduga disebabkan petir. Kedua, fenomena hujan es di Bandung.

Benarkah petir bisa menciptakan ledakan begitu dahsyat dan bagaimana terciptanya hujan es? Fenomena ini dijelaskan secara ilmiah oleh ahlinya.

Selain kedua fenomena itu, topik yang selalu menarik untuk disimak adalah kiat menurunkan badan. Tahukah Anda, air putih juga bisa bantu menurunkan berat badan?

Baca juga: [POPULER SAINS] Fakta Makemake, yang Bikin Pluto Bukan Lagi Planet | Alasan Vaksin AstraZeneca di Sulawesi Utara Dihentikan

Berikut ulasan singkat Populer Sains yang layak Anda simak.

1. Turunkan berat badan dengan minum air putih

Salah satu cara mudah yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi minuman yang tepat, yaitu air putih.

Tapi, seringkali minum air putih dianggap bukan hal penting dalam penurunan berat badan. Faktanya, 20 persen dari asupan kalori harian Anda seluruhnya berasal dari minuman.

Untuk rata-rata orang, itu setara dengan sekitar 400 kalori sehari.

Jadi membuat pilihan yang tepat tentang apa yang harus diminum adalah yang terpenting dalam hal menurunkan berat badan, dan itulah mengapa ahli diet mengatakan, bahwa air putih dalah hal terbaik untuk diminum untuk mengontrol berat badan Anda.

Amy Davis, RD, LDN, dari The Balanced Dietitian mengatakan, bahwa kebanyakan orang tidak minum cukup air putih, sehingga sering menyalah artikan rasa lapar padahal haus.

“Memiliki target minum air putih harian dapat membantu mengontrol berat badan, dengan mencegah kita meminum minuman lain yang tinggi kalori dan gula, seperti soda, kopi manis, dan minuman berenergi," kata Davis.

Baca selengkapnya di sini:

Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

2. Bagaimana petir bisa mengakibatkan kebakaran kilang Pertamina?

Warga menyaksikan kebakaran kilang minyak milik Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, dari kejauhan, Senin (29/3/2021).  Tangki di kilang minyak milik Pertamina ini terbakar pada Senin, pukul 00.45 WIB.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Warga menyaksikan kebakaran kilang minyak milik Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, dari kejauhan, Senin (29/3/2021). Tangki di kilang minyak milik Pertamina ini terbakar pada Senin, pukul 00.45 WIB.

Ada banyak asumsi penyebab kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. Salah satunya karena petir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com