Kompas.com - 29/03/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Eating Disorder baru-baru ini kembali menjadi perbincangan netizen, setelah Luna Maya dan Dedy Corbuzier dinilai tidak menyikapi dengan baik bahkan cenderung menjadikan topik ini sebagai candaan.

Hal ini bermula ketika Luna dan Dedy menjadi dewan juri di acara Indonesia's Next Top Model (INTM).

Dalam episode tayangan pada tanggal 19 Maret 2021 lalu, salah satu kontestan bernama Ilene menceritakan kisahnya yang sempat mengalami gangguan mental health yaitu eating disorder.

Ilene bercerita bahwa ia sempat mengalami dua kali gangguan eating disorder yakni keinginan untuk makan terus menerus secara berlebihan, dan kedua tidak memiliki napsu makan sama sekali.

Baca juga: Mengenal Seasonal Affective Disorder yang Dialami Jonghyun SHINee

"At first, juga aku enggak paham kalau itu ternyata penyakit mental. Aku tuh nggak sadar, diagnosisnya eating disorder,"  kata Ilene.

"Jadi pernah dua kali. Pertama jadi pingin makan terus. Kedua jadi nggak pingin makan apa-apa,"  imbuhnya.

Cerita Ilene itu langsung ditimpali oleh Luna Maya dan Dedy Corbuzier.

"Saya suka banget makan, jadinya saya eating disorder kali, ya," kata Luna.

"Anda memang mental health, Bu," timpal Dedy.

Ilustrasi eating disorder.SHUTTERSTOCK/Africa Studio Ilustrasi eating disorder.

Lantas, apa itu Eating Disorder?

Dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental American Psychiatric Association, edisi ke-lima (DSM-5) menjelaskan apa yang dimaksud dengan eating disorder. .

Eating Disorder atau gangguan makan, adalah serangkaian kondisi psikologis yang menyebabkan berkembangnya kebiasaan makan yang tidak sehat.

Melansir Health Line, gangguan makan yang terjadi saat seseorang mengalami eating disorder ini bisa dipicu mulai dari obsesi pada makanan, berat badan atau bentuk tubuh.

Dengan kata lain, eating disorder adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan obsesi terhadap makanan atau bentuk tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.