Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasan Air Putih Tak Mengandung Kalori

Kompas.com - 29/03/2021, 12:03 WIB
Dea Syifa Ananda,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

Sumber Sciencing

KOMPAS.com - Seperti yang kita tahu, air adalah elemen penting dalam kehidupan.

Manusia tidak dapat bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air. Otot manusia berisi 75 persen air, yang digunakan untuk pengaturan suhu, pencernaan, pelumasan sendi, pembuangan limbah, dan penyerapan nutrisi.

Namun uniknya, air tidak memiliki kalori sama sekali dan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Bahkan, banyak studi yang mengungkap bahwa meminum air putih yang banyak dapat mempermudah proses penurunan berat badan.

Kendati demikian, mengapa air tidak memiliki kalori sama sekali?

Baca juga: Tubuh Manusia Telah Berevolusi, Hanya Butuh Sedikit Air Minum untuk Hidup

Sebelum kita mengetahui mengapa air tidak memilik kalori, kita harus tau dulu apa itu kalori dan apa fungsinya bagi tubuh.

Mengenal kalori

Kalori adalah satuan energi dari makanan. Tubuh Anda menggunakan kalori sebagai bahan bakar untuk gerakan harian Anda. 

Jumlah energi dalam makanan tertentu bergantung pada jumlah lemak, karbohidrat, dan protein yang dikandung suatu makanan.

Dilansir Sciencing, Jumat (21/7/2017) satu gram lemak sama dengan sembilan kalori. Satu gram karbohidrat sama dengan 4 kalori. Satu gram protein sama dengan 4 kalori. Kebanyakan makanan mengandung campuran ketiga nutrisi ini.

Sedangkan, air tidak mengandung lemak, karbohidrat, maupun protein. Maka dari itu, air tidak mengandung kalori.

Air sangat penting untuk sistem energi tubuh Anda, karena membantu mengangkut energi dari pemecahan makanan ke dalam sel-sel Anda, namun air itu sendiri tidak akan menambah kalori ke tubuh Anda.

The American Journal of Clinical Nutrition menyarankan, air nol kalori harus menjadi 50-80 persen dari konsumsi minuman harian Anda.

Perlu diingat kebutuhan cairan harian setiap orang berbeda-bedad, jadi tanyakan kepada dokter Anda tentang berapa jumlah konsumsi air harian yang baik untuk tubuh Anda.

Ilustrasi minum air putih dingin.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi minum air putih dingin.

Catatan

Meskipun air memiliki nol kalori, jika ditambah dengan zat lain seperti gula,protein dan lain sebagainya tentu air putih atau air mineral akan memiliki kalori. Ini karena ada penambahan zat-zat tersebut. Biasanya minuman manis memiliki kalori yang tinggi.

Dengan memiliki nol kalori, air memiliki banyak manfaat. Ini berguna untuk melumasi sendi dan melindungi organ Anda dari keram. 

Air tidak mengandung kalori, tetapi digunakan dalam pengangkutan kalori ke sel Anda untuk penggunaan energi.

Baca juga: Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

Meskipun air putih tidak memiliki kalori, air yang mengandung tonik dan protein menyumbang beberapa kalori untuk diet Anda. Jika ragu, lihat label nutrisi untuk informasi kalori utuk memastikan apakah minuman tersebut mengandung kalori atau tidak.

Perlu diingat juga, saat berolahraga Anda akan mengeluarkan cairan tubuh dalam bentuk keringat. Oleh sebab itu, setelah olahraga kita perlu minum banyak air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com