Kompas.com - 27/03/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi tanaman jarak (Ricinus communis L). Bijinya mengandung minyak hampir 50 persen yang banyak digunakan di beragam industri. Namun, biji dan daun jarak juga punya manfaat untuk kesehatan. SHUTTERSTOCK/pisitpong2017Ilustrasi tanaman jarak (Ricinus communis L). Bijinya mengandung minyak hampir 50 persen yang banyak digunakan di beragam industri. Namun, biji dan daun jarak juga punya manfaat untuk kesehatan.

KOMPAS.com - Tak cuma tanaman hias yang sedang naik daun. Ada juga tanaman porang, kelor, hingga tanaman jarak.

Berbicara tentang tanaman jarak kepyar (Ricinus communis L), tumbuhan liar ini dikenal sebagai sumber minyak nabati dari famili Euphorbiaceae.

Bagian tanaman jarak yang menghasilkan minyak adalah biji, kandungannya hingga 50 persen.

Tak heran, tanaman jarak dijadikan bahan baku industri castor oil.

Baca juga: Mengenal Tanaman Porang, dari Manfaat, Budidaya, hingga Jenis

Selain digunakan dalam industri castor oil, dikutip dari laman resmi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, minyak tanaman jarak juga dimanfaatkan untuk:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • industri cat
  • vernis
  • bahan pelapis
  • industri kosmetika
  • plastik
  • kulit sintesis bahan plastisasi
  • industri tekstil serta sintesis
  • industri otomotif yaitu untuk bahan pelumas dan bahan minyak rem.

Budidaya tanaman jarak

Disebutkan dalam laman resmi Litbang Pertanian, kebutuhan biji jarak kepyar untuk bahan baku industri dalam negeri setiap tahun tidak kurang dari 10.000 ton.

Namun ironisnya, pengembangan jarak kepyar selalu mengalami kegagalan sehingga memaksa Indonesia harus impor jarak.

Penyebab kegagalan tersebut antara lain waktu tanam.

Tanaman jarak kepyar dikembangkan di daerah lahan kering iklim kering dengan curah hujan rata-rata kurang dari 700 mm per tahun. Waktu tanam yang tepat untuk daerah tersebut pada awal musim penghujan supaya tanaman mendapatkan cukup air hingga umur 3 bulan.

Dengan demikian tanaman akan mampu menghadapi kekeringan selama musim kemarau dengan tetap menghasilkan.

Ilustrasi biji tanaman jarak dan minyak yang dihasilkannya.SHUTTERSTOCK/Alexander Ruiz Acevedo Ilustrasi biji tanaman jarak dan minyak yang dihasilkannya.

Manfaat untuk kesehatan

Dilansir SehatQ, jarak kepyar juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, mulai dari kompres anak saat demam hingga melawan bakteri jahat.

Ada dua bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman jarak, yakni biji dan daun.

1. Minyak biji jarak

Minyak biji jarak yang berfungsi melancarkan buang air besar, mempercepat terjadinya kontraksi pada ibu melahirkan, dan membantu melancarkan ASI.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X