Ilmuwan Sarankan Rekayasa Geo Matahari untuk Lawan Perubahan Iklim

Kompas.com - 26/03/2021, 18:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Para ilmuwan dari National Academy of Science meminta Amerika Serikat untuk melakukan penelitian pengembangan geoengineering solar atau rekayasa geo matahari untuk melawan perubahan iklim.

Studi ini difokuskan untuk mendinginkan atmosfer Bumi, yang kian terdampak perubahan iklim dan pemanasan global.

Namun, para ilmuwan tetap menekankan kehati-hatian dalam penelitian ini, mengingat hal tersebut dapat menimbulkan konsekuensi yang berisiko dan tidak diinginkan, dikutip dari Reuters, Jumat (26/3/2021).

Menurut para ilmuwan, tidak ada kesepakatan internasional yang menetapkan standar untuk studi geoengineering ini.

Baca juga: Matahari Buatan Korea Selatan Pecahkan Rekor Dunia Baru

Intervensi skala besar dengan rekayasa geo matahari tersebut dalam upaya melawan perubahan iklim, kata ilmuwan, akan dapat memengaruhi pola curah hujan, produktivitas pertanian dan persediaan makanan di seluruh dunia.

Strategi rekayasa geo matahari yang umum diusulkan yakni penyemprotan aerosol reflektif ke atmosfer.

Cara ini dilakukan untuk meniru bagaimana awan abu, yakni awan yang dihasilkan dari erupsi gunung api, dalam mendinginkan planet setelah letusan gunung berapi besar.

Strategi rekayasa lain termasuk menipiskan awan yang berada di ketinggian sangat tinggi untuk memungkinkan lebih banyak panas keluar, dan mencerahkan awan di atas laut yang berada di ketinggian rendah, sehingga diharapkan dapat memantulkan energi matahari tambahan.