Kompas.com - 24/03/2021, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Kontak lensa atau softlens menjadi sangat populer saat ini.

Kontak lensa memang menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang memiliki masalah pada mata, tapi tidak ingin memakai kacamata. Tak cuma untuk membantu melihat, banyak juga orang yang menggunakan softlens untuk tujuan fashion dan estetik.

Namun, terkadang rasa lelah atau pun malas membuat beberapa orang tidak melepas lensa mata saat tertidur. Akibatnya, saat bangun tidur kondisi mata jadi kering dan memerah.

Kebiasaan tidak melepas softlens saat tidur sangat berbahaya. Ini bisa mengakibatkan infeksi hingga kebutaann.

Baca juga: Salshabilla Adriani Nyaris Buta karena Softlens, Ini Kata Dokter Mata

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan tidur dengan menggunakan softlens bisa membuat Anda 6-8 kali lebih mungkin terkena infeksi mata.

Dilansir Healthline, (15/7/2019) infeksi mata yang serius dapat menyebabkan kerusakan kornea, pembedahan, dan dalam kasus yang jarang terjadi banyak yang sampai kehilangan penglihatan alias mengalami kebutaan.

Studi yang dipublikasikan oleh MMWR Morbidity and Mortalilty Weekly Report tahun 2017 menunjukkan, sekitar 85 persen remaja pengguna lensa kontak, 81 persen pengguna kontak dewasa muda, dan 88 persen orang dewasa yang lebih tua sering memiliki perilaku yang menempatkan mereka pada risiko infeksi mata.

Akibat tidur menggunakan lensa mata 

Tidur memakai softlens dapat menyebabkan berbagai penyakit mata yang serius seperti :

1. Keratitis bakteri

Keratitis bakteri adalah infeksi pada kornea, umumnya disebabkan oleh Staphylococcus aureus atau Pseudomonas aeruginosa. Keduanya merupakan bakteri yang ditemukan di tubuh manusia dan di lingkungan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.