Kompas.com - 20/03/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi diet rendah karbohidrat armano777Ilustrasi diet rendah karbohidrat

KOMPAS.com - Saat ini, terdapat berbagai macam diet yang populer di antara masyarakat. Salah satunya adalah diet rendah karbohidrat atau low carbs diet, yang membatasi konsumsi nasi, mie dan sumber karbohidrat lainnya. Diet ini menjanjikan peningkatan metabolisme dan penurunan berat badan.

Namun, rupanya terdapat beberapa kesalahan umum yang bisa membuat hasil dari upaya diet rendah karbohidrat Anda kurang optimal. Berikut adalah beberapa kesalahan tersebut:

Baca juga: 3 Tren Diet Tak Sehat yang Harus Dihindari Menurut Ahli

1. Konsumsi karbohidrat berlebih

Dilansir dari Healthline,  Jumat (4/1/2019); meskipun tidak ada definisi dan aturan yang tegas tentang diet rendah karbohidrat, namun konsumsi karbohidrat harus di bawah 100 sampai 150 gram per hari untuk dianggap rendah.

Dalam kisaran tersebut, Anda dapat mencapai hasil yang bagus selama Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak diproses.

Akan tetapi jika Anda ingin mengalami ketosis, yang merupakan tujuan dari diet ketogenik atau keto, maka Anda perlu mengonsumsi kurang dari 50 gram karbohidrat per hari.

2. Konsumsi protein berlebih

Protein adalah makronutrien yang sangat penting bagi tubuh dan dapat meningkatkan perasaan kenyang serta meningkatkan pembakaran lemak lebih baik daripada makronutrien lainnya.

Secara umum, konsumsi protein lebih banyak memang akan menyebabkan penurunan berat badan dan peningkatan komposisi tubuh.

Baca juga: 4 Cara Menurunkan Berat Badan yang Lebih Efektif dari Diet Ketat

Namun, hal sebaliknya terjadi ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi protein ketika sedang menjalani diet keto.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.