Kompas.com - 18/03/2021, 20:02 WIB
bebek Andrew A Redingbebek

KOMPAS.com - Proses kawin bebek sangatlah unik dan dilakukan dengan serius. Mereka bisa sangat agresif dalam perkawinannya.

Bebek memiliki penis dan vagina dengan bentuk unik yang membuat teknik kawin mereka menjadi unik pula.

Bebek termasuk spesies burung. Mereka adalah unggas air, dengan bulu dan kaki yang secara khusus disesuaikan dengan kehidupan di dalam dan sekitar air. Seperti layaknya burung, bebek berkembang biak denga cara bertelur.

Penetasan, pematangan, dan perkawinan juga merupakan tahapan yang dilalui bebek selama siklus hidupnya

Baca juga: Kamasutra Satwa: Simpanse Jantan Tak Segan Lakukan Kekerasan Seksual

Bentuk Kelamin Unik

Berbeda dengan 97 persen spesies burung lainnya, bebek jantan atau yang bisa juga disebut drakes, memiliki penis yang biasanya terletak di bagian dalam yang ada di dalam kantung di tubuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat berhubungan seks, penis dikeluarkan dari kantung ini, dan mencapai panjang penuh sekitar 20 sentimeter. 

Dilansir Sciencing, Selasa (13/3/2018) penis bebek jantan sangatlah unik karena memiliki desain seperti pembuka botol yang berbentuk spiral dan memiliki punggung serta duri yang mengarah ke belakang.

Kenyataannya, memang untuk burung air, drakes memiliki penis untuk mencegah sperma hanyut di dalam air.

Sama hal nya dengan sang jantan, bebek betinapun memiliki organ kelamin yang unik. Bebek betina memiliki vagina yang panjang dan bengkok, yang memiliki sejumlah spiral dan kantong buntu.

Penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan oleh Patricia Brennen dari Universitas Yale menunjukkan, bahwa vagina yang rumit ini dapat berfungsi sebagai 'sabuk kesucian', ini berguna untuk membatasi keefektifan penetrasi oleh pelamar pria.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Hewan Bonobo Lakukan Hubungan Sesama Jenis

Halaman:


Sumber Sciencing
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X