Kompas.com - 16/03/2021, 07:02 WIB
Wahana Perseverance milik NASA menjelajah planet merah, Mars. NASA/JPL-Caltech/University of ArizonaWahana Perseverance milik NASA menjelajah planet merah, Mars.

KOMPAS.com - Rekaman suara angin dari Mars, kelahiran anak kembar di dunia yang terus meningkat, hingga rencana ilmuwan membuat kapal Nabi Nuh di Bulan menjadi berita populer Sains Kompas.com edisi Senin, 15 Maret 2021.

Berikut ulasannya.

1. Rekaman suara angin dari Mars dikirim ke Bumi

NASA telah merilis suara angin di Mars yang direkam wahana penjelajah Perseverance.

Suara ini direkam oleh misi penjelajah Perseverance setelah hampir sebulan mendarat di sana. Wahana ini mendarat di planet merah pada 18 Feruari.

Baca juga: [POPULER SAINS] Puncak Hujan Meteor Gamma Normid | Misteri Komputer Analog Berusia 2.000 Tahun

Selain mengirim rekaman suara, data yang dikirim wahana Perseverance juga berisi suara tembakan laser pertama di planet selain Bumi.

Suara tembakan laser ini dapat memberi gambaran bagi para peneliti NASA untuk memahami komposisi batu tersebut.

Nantinya komposisi batu itu akan menjawab pertanyaan apakah kehidupan pernah ada di Mars.

Dilansir ABC News, Jumat (12/3/2021), Perseverance adalah salah satu wahana terbesar dan tercanggih yang pernah dikirim NASA.

Baca selengkapnya di sini:

Wahana Perseverance NASA Kirim Rekaman Suara Angin dari Mars

2. Kelahiran anak kembar di dunia terus meningkat

Studi yang dipublikasikan di jurnal kedokteran, Human Reproduction mengungkapkan bahwa angka kelahiran anak kembar di seluruh dunia terus meningkat setiap tahunnya.

Dikutip dari Medical Xpress, Senin (15/3/2021), tingkat kelahiran bayi kembar sejak tahun 1980-an utelah meningkat sepertiga dari 9 menjadi 12 per 1.000 kelahiran.

Artinya, ada sekitar 1,6 juta anak kembar lahir setiap tahun di seluruh dunia, dan satu dari setiap 42 bayi lahir adalah kembar.

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.