Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Penggal Kepala Sendiri, Siput Laut Ini Tumbuhkan Lagi Tubuh Baru

Kompas.com - 11/03/2021, 13:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Beberapa hewan memiliki kemampuan meregenerasi bagian tubuhnya sendiri, seperti lengan, kaki, atau ekor yang hilang mampu ditumbuhkan kembali. Namun, siput laut dari kelompok sacoglossans ini memiliki kemampuan unik yakni dapat memenggal kepala sendiri.

Namun kasus yang terjadi pada siput laut ini bisa dibilang istimewa. Sebab, siput laut tersebut dapat meregenerasi seluruh tubuhnya yang telah terpisah dari kepalanya.

"Kami percaya bahwa ini adalah bentuk paling ekstrim dari otonomi dan regenerasi di alam," ungkap Sayaka Mitoh, penulis utama sekaligus mahasiswa doktoral di Nara Women's University di Jepang, seperti dikutip dari Live Science, Rabu (10/3/2021).

Mitoh pertama kali menemukan perilaku aneh tersebut secara tak sengaja di dalam tangki Yusa Lab di Nara Women's University pada 2018 lalu.

Ia melihat kepala siput laut sacoglossans (Elysia cf. marginata) yang terlepas sedang mengelilingi tubuhnya.

Baca juga: Harapan Baru Perangi Malaria, Ilmuwan Bakal Gunakan Racun Siput Laut

 

"Suatu hari saya menemukan individu Elysia cf. marginata dengan kepala dan tubuh terpisah. Kupikir siput malang itu akan segera mati," ujar Mitoh.

Namun alih-alih mati, luka di belakang kepala siput itu dengan cepat sembuh dan digantikan oleh tubuh yang benar-benar baru.

"Setelah beberapa hari, kepala mulai meregenerasi tubuh dan saya bisa melihat detak jantung. Sungguh luar biasa," katanya.

Setelah sekitar tiga minggu, siput telah menyelesaikan proses regenerasi tubuhnya dan menggantikan 80 persen tubuhnya yang semula hilang, termasuk semua organ vital yang sebelumnya ia miliki.

Tubuh siput yang baru adalah replika sempurna dari aslinya, yang menurut peneliti cukup baik.

Baca juga: Australia Waspadai Sengatan Siput Laut Naga Biru

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com