Kompas.com - 04/03/2021, 18:03 WIB
Ilustrasi Vesta terlihat dari langit Jakarta malam ini StellariumIlustrasi Vesta terlihat dari langit Jakarta malam ini

KOMPAS.com - Jika Anda menyukai fenomena langit, maka jangan lewatkan penampakan fenomena menarik Oposisi Solar Vesta mulai nanti malam.

Vesta adalah objek terbesar kedua di sabuk asteroid, dengan diameter sebesar 530 kilometer dan diperkirakan memiliki massa 9 persen dari massa seluruh sabuk asteroid.

Asteorid ini ditemukan oleh astronom Jerman Heinrich Willhelm Olbers pada tanggal 29 Maret 1807.

Nama Vesta diambil dari nama dewi perawan dalam mitologi Romawi, yang merupakan dewi pelindung untuk rumah dan perapian.

Baca juga: Fenomena Langit Maret 2021: Ada Konjungsi Bulan, Mars, Aldebaran

Peneliti Pusat Penelitian Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang, dalam keterangan tertulisnya melalui edukasi sains LAPAN mengatakan, Vesta mengorbit Matahari selama 3,63 tahun.

Oposisi Solar Vesta

Andi menyebutkan bahwa Vesta akan mengalami oposisi solar pada Jumat (5/3/2021) pukul 06.58 WIB dengan jarak 1,355 sa (202,7 juta kilometer) dan terletak di konstelasi Leo.

Oposisi solar adalah konfigurasi di mana objek berada di sisi yang berlawanan dengan Matahari, sebagaimana ketika fase Bulan purnama.

"Konfigurasi ini membuat Vesta akan tampak lebih terang jika diamati dari Bumi karena berjarak lebih dekat dengan Bumi," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Aldebaran Bintang Paling Terang di Konstelasi Taurus

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X