Kompas.com - 04/03/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi ayam goreng kentucky di dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/MONKEY BUSINESS IMAGESIlustrasi ayam goreng kentucky di dalam kulkas.


KOMPAS.com - Tanpa kulkas atau lemari es, tentunya makanan akan menjadi mudah busuk karena tak bisa disimpan dalam waktu lama.

Oleh karena itu, kegunaannya dalam mengawetkan makanan inilah, kulkas menjadi salah satu penemuan yang mengubah dunia dalam sejarah makanan.

Kulkas adalah lemari pendingin yang dibuat dengan menciptakan kondisi pendinginan dan menghilangkan suhu panas.

Perangkat ini dapat mengawetkan makanan karena pertumbuhan bakteri melambat pada suhu yang lebih rendah.

Lantas, kapan pertama kali kulkas ditemukan?

Baca juga: Belum Ada Kulkas, Manusia Purba Sudah Simpan Makanan Buat Besoknya

 

Dilansir Live Science, Rabu (8/2/2017) metode untuk mengawetkan makanan dengan pendinginan telah ada selama ribuan tahun, namun lemari es modern sendiri adalah penemuan baru. 

Penemuan model pendingin buatan pertama, yang kemudian dikenal sebagai kulkas, ditemukan oleh William Cullen, seorang dokter Skotlandia yang mengamati bahwa penguapan memiliki efek pendinginan pada tahun 1720-an.

Dari sini, ia mengetahui bahwa makanan akan menjadi awet apabila didinginkan, karena bakteri tidak dapat berkembang pada suhu rendah.

Namun, pada saat itu, hasil penemuan kulkas oleh William belum dikomersilkan atau belum dipatenkan.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Sisa Lebaran Bertahan di Kulkas?

 

Sejak itu, penemuan mesin pendingin terus dilakukan para penemu di sejumlah negara. Seperti yang dilakukan penemu asal Amerika, Oliver Evans, yang pada tahun 1805 mencoba merancang mesin pendingin menggunakan uap. 

Ilmuwan Inggris, Michael Faraday juga melakukan upaya yang sama pada tahun 1820, dengan menggunakan amonia cair untuk menyebabkan pendinginan.

Akan tetapi, baru pada tahun 1834, Jacob Perkins yang membuat mesin pendingin praktis menggunakan sistem kompresi uap eter pada tahun 1835 dan mematenkan penemuannya.

History of Refrigerator kemudian mencatatnya sebagai 'bapak lemari es', berkat penemuan kulkas tersebut. 

Baca juga: 7 Kesalahan Penggunaan Kulkas yang Bisa Bikin Kita Sakit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X