Fosil Dinosaurus di Argentina Berasal dari Keluarga Titanosaurus Tertua

Kompas.com - 03/03/2021, 19:29 WIB
Ilmuwan palaeontologi menggali fosil titanosaurus, dinosaurus raksasa pemakan tumbuhan, di provinsi Neuquen, Argentina. Fosil dinosaurus tersebut kemungkinan milik keluarga titanosaurus tertua. CTyS-UNLaM/Handout via REUTERSIlmuwan palaeontologi menggali fosil titanosaurus, dinosaurus raksasa pemakan tumbuhan, di provinsi Neuquen, Argentina. Fosil dinosaurus tersebut kemungkinan milik keluarga titanosaurus tertua.

KOMPAS.com- Para ilmuwan telah menemukan fosil dinosaurus di Argentina, yang kemungkinan adalah keluarga Titanosaurus tertua. Hewan darat terbesar sepanjang sejarah Bumi.

Dikutip dari Reuters, Rabu (3/3/2021), fosil tersebut ditemukan di sebuah lokasi yang dulunya merupakan hutan belantara Patagonia di negara tersebut.

Fosil tersebut, menurut para peneliti, mewakili spesies dinosaurus bernama Ninjatitan zapatai yang hidup pada 140 juta tahun yang lalu selama Periode Cretaceous atau Zaman Kapur.

Ilmuwan telah mengidentifikasi Ninjatitan sebagai titanosaurus, sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan berleher panjang yang berjalan dengan empat kaki seperti pilar.

Sayangnya, sisa-sisa kerangka yang ditemukan di selatan kota Neuquen, tidak lengkap.

Baca juga: Fosil Dinosaurus di Argentina Jadi Mahluk Terbesar di Bumi yang Pernah Ditemukan

Kendati demikian, para ilmuwan mengatakan bahwa Ninjatitan menunjukkan sebagai anggota keluarga titanosaurus sebagai kelompok yang pertama kali muncul lebih lama dari yang diketahui sebelumnya.

"Ini (fosil dinosaurus) rekor tertua yang diketahui, tidak hanya di Argentina, tetapi juga di seluruh dunia," kata penulis utama studi, Pablo Gallina, peneliti di National Council for Scientific and Technical Research of Argentina (CONICET).

Titatnosaurus telah tercatat di berbagai belahan dunia. Akan tetapi, catatan tertua dari spesies ini yang diketahui lebih modern dibandingkan penemuan kali ini.

Ninjatitan, fosil titanosaurus yang ditemukan di Argentina, merupakan dinosaurus herbivora raksasa yang memiliki panjang 65 kaki atau sekitar 20 meter.