Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Kelamin Anak Ditentukan Gen Ayah, Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 27/02/2021, 19:03 WIB
Dea Syifa Ananda,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Sebuah studi terhadap silsilah keluarga selama ratusan tahun menunjukkan bahwa gen ayah dapat menentukan apakah anaknya kelak memiliki jenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Pria mewarisi kecenderungan untuk memiliki lebih banyak putra atau lebih putri dari orang tua mereka.

Ini berarti pria yang memiliki banyak saudara laki-laki, lebih cenderung memiliki anak laki-laki, sedangkan pria dengan banyak saudara perempuan lebih cenderung memiliki anak perempuan.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Corry Gellatly, seorang ilmuwan riset di Newcastle University, Inggris, telah menunjukkan bahwa pria mewarisi kecenderungan untuk memiliki lebih banyak putra atau lebih putri dari orang tua mereka.

Baca juga: Ambil Pelajaran Ini dari Kegagalan Seleksi Jenis Kelamin Bayi Tabung

 

Ini berarti pria yang memiliki banyak saudara laki-laki lebih cenderung memiliki anak laki-laki, sedangkan pria dengan banyak saudara perempuan lebih cenderung memiliki anak perempuan.

Dilansir Science Daily, Rabu (12/12/2018) penelitian tentang jenis kelamin anak dan gen ayah ini melibatkan studi terhadap 927 keluarga yang berisi informasi tentang 556.387 orang dari Amerika Utara dan Eropa sejak tahun 1600.

"Kami sekarang tahu bahwa laki-laki lebih cenderung memiliki anak laki-laki jika mereka memiliki lebih banyak saudara laki-laki, tetapi lebih cenderung memiliki anak perempuan jika mereka memiliki lebih banyak saudara perempuan. Namun, pada wanita, Anda tidak bisa memprediksinya," jelas Gellatly.

Baca juga: Tekanan Darah Ibu Tentukan Jenis Kelamin Bayi?

 

Pria menentukan jenis kelamin bayi tergantung pada apakah spermanya membawa kromosom X atau Y.

Kromosom X bergabung dengan kromosom X ibu untuk membuat bayi perempuan (XX) dan kromosom Y akan bergabung dengan kromosom ibu untuk menghasilkan anak laki-laki (XY).

Studi Universitas Newcastle menunjukkan bahwa gen yang belum ditemukan mengontrol apakah sperma pria mengandung lebih banyak kromosom X atau lebih Y, yang memengaruhi jenis kelamin anak-anaknya.

Pada skala yang lebih besar, jumlah pria dengan sperma X yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pria dengan sperma Y, memengaruhi rasio jenis kelamin anak yang lahir setiap tahun. Gen terdiri dari dua bagian, yang dikenal sebagai alel, yang diwarisi dari masing-masing induk.

Baca juga: Soal Jenis Kelamin Lucinta Luna, Bagaimana Semestinya Kita Menyikapi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com