Kompas.com - 26/02/2021, 20:03 WIB


KOMPAS.com- Selama ini peneliti menduga jika spesies lebah endemik Australia yang langka ini telah punah sejak lama.

Sepanjang sejarah hanya enam lebah saja yang pernah ditemukan. Data itu tercatat dalam sebuah buku terbitan tahun 1923 di Queensland.

Namun saat melakukan pencarian kembali lebah asli Australia langka tersebut, peneliti ternyata berhasil menemukan jika Pharohylaeus lactiferus tak sepenuhnya punah.

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (26/2/2021) Pharohylaeus lactiferus rupanya bisa dijumpai di alam liar selama ini meski mengalami tekanan yang terus meningkat untuk bertahan hidup.

Baca juga: Lebah Madu Ternyata Belajar Mengingat Lokasi Bunga dengan Cara Ini

 

"Ini mengkhawatirkan karena Pharohylaeus lactiferus adalah satu-satunya spesies lebah langka dalam genus Pharohylaeus dan tak ada yang mengetahui mengenai serangga tersebut," kata James Dorey, peneliti dari Flinders University.

Perburuan lebah Pharohylaeus lactiferus dilakukan setelah ahli lebah menyebut ada kemungkinan jika spesies tersebut benar-benar punah.

Peneliti pun lantas melakukan pengambilan sampel ekstensif dari 225 lokasi umum dan 20 lokasi yang ditargetkan di seluruh New South Wales dan Queensland. Hasilnya ternyata menggembirakan.

Dari sampel yang dikumpulkan itu, peneliti menemukan ada tiga populasi lebah langka, Pharohylaeus lactiferus yang mengunjungi spesies tanaman favorit mereka di sepanjang pantai timur Australia.

Baca juga: Pertama Kali, Peneliti Petakan Spesies Lebah di Seluruh Dunia

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.