Kompas.com - 25/02/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19, uji vaksin Covid-19 pada varian virus corona Afrika Selatan. Novovax dan Johnson and Johnson ujikan vaksin virus corona pada varian baru virus corona Afrika Selatan, hasilnya efikasi vaksin kurang efektif. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin Covid-19, uji vaksin Covid-19 pada varian virus corona Afrika Selatan. Novovax dan Johnson and Johnson ujikan vaksin virus corona pada varian baru virus corona Afrika Selatan, hasilnya efikasi vaksin kurang efektif.


KOMPAS.com - Hasil kajian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) menemukan bahwa dosis tunggal vaksin Johnson & Johnson aman dan efektif melawan virus corona penyebab Covid-19.

Dengan temuan tersebut, vaksin Johnson and Johnson kemungkinan akan menjadi vaksin Covid-19 ketiga yang akan disahkan penggunaannya di Amerika Serikat, mungkin dalam beberapa hari.

Kemanjuran vaksin Johnson and Johnson

Dalam dokumen briefing terhadap data yang diserahkan oleh Janssen, FDA menyimpulkan bahwa vaksin Johnson and Johnson yang Janssen Ad26.COV2.S ini hanya memerlukan satu dosis injeksi intramuskular (0,5 mililiter) saja untuk membangun imunitas tubuh.

Meski demikian, bukan berarti perlindungan terbentuk secara instan.

Baca juga: Vaksinasi Tahap Kedua Indonesia, Apa Saja Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Lansia?

Perlindungan terhadap infeksi Covid-19 gejala sedang dan ringan dimulai sekitar dua minggu setelah divaksin, dan meningkat hingga 72 persen dalam waktu satu bulan.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X