Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2021, 20:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di tanah air Indonesia saat ini sedang dilanda bencana hidrometeorologi, seperti banjir hingga banjir bandang.

Beberapa wilayah tercatat dilanda banjir sejak awal tahun Januari hingga Februari 2021 diantaranya seperti DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Jombang, Karawang, Malang, Kalimantan Selatan, Kota Manado, Palopo dan lainnya. 

Bagi masyarakat yang berdomisili di daerah rawan bencana banjir dan tidak bisa menghindari kejadian tersebut, maka perlu mengetahui tindakan apa saja yang seharusnya dilakukan saat berada di lokasi banjir, agar tetap terjaga keamanan dan kesehatannya.

Baca juga: Puncak Musim Hujan, Waspadai 7 Penyakit yang Mengintai Saat Banjir

Berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan agar tetap sehat dan aman di lokasi bencana banjir.

1. Jaga kebersihan

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Sementara itu, di tempat bencana banjir, umumnya risiko berbagai penyakit lain juga mengintai.

Jika Anda berada di lokasi terdampak banjir, penting untuk rajin mencuci tangan, terutama setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan, dan segera setelah kontak dengan air banjir atau benda serta permukaan yang terkontaminasi.

2. Jangan konsumsi makanan dan air yang tercemar

Selama banjir melanda, upayakan untuk tidak mengonsumsi air sumur, karena bisa jadi air di dalamnya sudah terkontaminasi bakteri atau virus yang terbawa saat banjir.

Sebaiknya, konsumsi air kemasan atau yang telah didesinfektan untuk minum, memasak, menyikat gigi, dan mandi sampai Anda yakin pasokan air aman.

Jika perlu, supaya lebih aman selalu rebus air hingga mendidih selama lima menit sebelum dikonsumsi. 

Selain air, Anda juga harus memastikan makanan yang Anda makan tidak tercemar air banjir, karena besar kemungkinan makanan tersebut sudah terkontaminasi kuman.

Jangan mencoba memakan makanan yang telah terendam banjir, dan buanglah semua makanan yang sudah lembek (tidak beku) setelah keluar dari lemari es, kecuali dimasak segera.

Baca juga: Wilayah Indonesia yang Berpotensi Cuaca Ekstrem dan Banjir Bandang Pekan Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com