Kompas.com - 23/02/2021, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Menurut analisis baru, cumi-cumi vampir telah mendekam di kegelapan lautan selama 30 juta tahun.

Cumi-cumi vampir modern (Vampyroteuthis infernalis) dapat berkembang biak di perairan laut yang minim oksigen. Perilaku ini berbeda dengan banyak spesies cumi-cumi lain yang membutuhkan habitat dangkal di sepanjang landas kontinen.

Beberapa fosil nenek moyang cumi-cumi vampir saat ini masih hidup, jadi para ilmuwan tidak yakin kapan cephalopoda yang sulit ditangkap ini mengembangkan kemampuan untuk hidup dengan sedikit oksigen.

Analisis fosil baru membantu mengisi celah 120 juta tahun dalam evolusi cumi-cumi vampir, mengungkapkan bahwa nenek moyang cumi-cumi vampir zaman modern sudah hidup di lautan dalam selama Oligosen, 23 juta hingga 34 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Berumur 635 Juta Tahun, Fosil Jamur Darat Tertua Ini Ungkap Masa Lalu Bumi

"Cumi-cumi ini mungkin berevolusi, beradaptasi dengan air rendah oksigen selama periode Jurassic," kata rekan penulis studi Martin Koš?ák, ahli paleontologi di Universitas Charles di Praha.

"Kehidupan dengan tingkat oksigen rendah yang stabil membawa keuntungan evolusioner - tekanan predasi rendah dan persaingan yang lebih sedikit," kata Koš?ák seperti dilansir Live Science, Senin (22/2/2021).

Fosil yang ditemukan kembali

Koš?ák dan rekan-rekannya menemukan fosil cumi-cumi vampir yang telah lama hilang di koleksi Museum Sejarah Alam Hongaria pada 2019 saat mencari fosil nenek moyang sotong.

Fosil itu awalnya ditemukan pada tahun 1942 oleh ahli paleontologi Hongaria Miklós Kretzoi, yang mengidentifikasinya sebagai cumi-cumi yang berumur sekitar 30 juta tahun dan menamakannya Necroteuthis hungarica.

Namun, peneliti selanjutnya berpendapat bahwa itu adalah nenek moyang sotong.

Pada tahun 1956, selama Revolusi Hongaria, museum tersebut dibakar, dan fosilnya diperkirakan akan dimusnahkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.